3 Orang Penguni Eks Lokalisasi Kalisari Diamankan Petugas, Diduga Mengindap HIV/AIDS

0

Bojonegoro – Berawal dari adanya laporan masyarakat yang menginginkan para penghuni eks Lokalisasi di Dusun Kalisari Kecamatan Banjarsari Kecamatan Trucuk yang diduga mengidap HIV/AIDS, gabungan gabungan antara Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Trucuk bersama anggota Koramil dan Satpol PP  pada Jumat (15/09/2017) sekira pukul 21.00 WIB melakukan razia di eks Lokalisasi Kalisari tersebut guna mencegah terjadinya kekerasan di dalam Lokalisasi

Dalam kegiatan razia tersebut, anggota berhasil mengamankan tiga orang penguni eks lokalisasi Kalisari yang diduga mengindap HIV/AIDS. Setelah diamankan oleh petugas, ketiga wanita tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP Kabupaten Bojonegoro dan selanjutnya diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, guna dilakukan pemeriksaan dan pembinaan lebih lanjut.

Kasat Sabhara Polres Bojonegoro, AKP Syabain Rahmad, SH, kepada media ini mengungkapkan bahwa kronologi diamankannya ketiga perempuan tersebut bermula saat Babinsa Desa Banjarsari mendapat laporan dari warga bahwa ada PSK yang diduga terjangkit AIDS yang berada di lokasi eks lokalisasi Kalisari.

“Masyarakat menginginkan PSK tersebut harus keluar dari eks lokalisasi Kalisari malam itu juga,” terang AKP Syabain.

AKP Syabain menambahkan, guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan selanjutnya pihak Polsek, Koramil dan Satpol PP Kecamatan Trucuk mengamankan ketiga orang tersebut, kemudian berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Bojonegoro.

“Ketigannya selanjutnya dibawa ke Kantor Satpol PP Kabupaten Bojonegoro,” imbuh Kasat Sabhara.

Masih menurut AKP Syabain, ketiga PSK tersebut oleh pihak Satpol PP Kabupaten diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro. Sementara itu, untuk dilakukan tindakan tegas terhadap pelaku serta memberikan efek jera, Satpol PP Kabupaten Bojonegoro meminta Sat Sabhara Polres Bojonegoro untuk dilakukan penindakan dengan  tindak pidana ringan (tipiring) yaitu Pasal 19 ayat 1 Jo pasal 38 ayat 1 Perda Kabupaten Bojonegoro Nomor 15 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum

“Ketiganya diserahkan pada Dinsos untuk dilakukan tes HIV/AIDS dan pembinaan lebih lanjut. Untuk kasusnya kami kenakan Tipiring” pungkas Kasat Sabhara.

Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Adie Witjaksono, ketika dikonfirmasi awak media ini melalui telepon seluler pada Sabtu (19/09/2017) sore membenarkan bahwa tadi malam pihaknya menerima pelimpahan 3 (tiga) orang yang diduga berprofesi PSK dan diantaranya diduga mengindap HIV/AIDS.

“Saat ini ketiganya kami tampung di rumah penampungan di jalan Basuki Rahmad,” terang Adie Witjaksono.

Lebih lanjut Adi menambahkan, bahwa siang tadi pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, guna melakukan tes terhadap ketiga perempuan tersebut, terkait dugaan dari ketiga orang tersebut ada yang mengindap HIV/AIDS.

“Sampai saat ini masih belum tahu hasilnya mas, apakah benar ada yang mengindap HIV/AIDS, nanti kami kabari perkembangannya,” pungkas Adie Witjaksono.

Adapun ketiga perempuan yang diamankan tersebut seorang diantaranya warga Kabupaten Bojonegoro, seorang lagi warga Kabbupaten Blora dan seorang lainnya warga Kabupaten Blitar.

Comments

comments

Share.

About Author