Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Bojonegoro Laksanakan Latihan Pemadaman

0

Bojonegoro – Kejadian kebakaran yang menimpa Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, pada Minggu (12/11) dini hari lalu, menjadi pembelajaran yang berharga bagi Polres Bojonegoro, Polda Jawa Timur, untuk mengantisipasi kejadian yang serupa.

Pada Senin (13/11) pagi setelah pelaksanaan apel pagi, seluruh anggota Polres Bojonegoro bersama Dinas Pemadam Kebakaran melaksanakan Latihan Teori dan Praktek tentang Teknik Pemadaman Api, yang digelar di halaman depan Mapolres Bojonegoro.

Latihan dimulai dengan pengenalan terhadap APAR (Alat Pemadam Api Ringan), jenis APAR, cara menggunakan APAR oleh Bpk. Sukirno dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro. Disampaikan oleh Bpk. Sukirno bahwa APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil.

Anggota Polres Bojonegoro baik itu Polki maupun Polwan, seketika itu juga mereka langsung melakukan latihan praktek Pemadaman Kebakaran Tabung LPG, Pemadaman Kebakaran pada bahan Karet (Ban) dengan menggunakan handuk basah dan Apar jenis Dry Chemical Powder atau tabung pemadam kebakaran.
Menurut Wakapolres Bojonegoro Kompol Dodon Priyambodo, Latihan itu untuk meningkatkan keterampilan anggota Polres Bojonegoro dalam melakukan langkah menangani bencana kebakaran apabila musibah kebakaran menimpa Mako (Markas Komando).

“Kita harapkan semua anggota dapat memahami dan menggunakan APAR bila terjadi kebakaran khususnya dilingkungannya,” kata Kompol Dodon Priyambodo.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, ditempat terpisah, beliau mengungkapkan bahwa, Latihan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk melatih kecakapan dan kecepatan anggotanya apabila terjadi kebakaran yang menimpa Mapolres.

Menurut Kapolres, teknik pemadaman api adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anggota saat pelaksanaan Sispam Mako apabila terjadi kebakaran. Anggota harus paham teknik pemadaman api yang benar, sehingga dapat memberikan keselamatan diri sendiri dan menyelamatkan asset penting milik dinas yang berada kantor saat terjadi kebakaran.

“Latihan ini untuk meningkatkan kesigapan dan kecepatan bertindak serta profesionalisme anggota dalam menangani bahaya kebakaran sebelum petugas Damkar datang ke lokasi, sehingga kejadian seperti di Polres Dharmasraya tidak terjadi di Polres kita,” kata AKBP Wahyu S Bintoro.

Comments

comments

Share.

About Author