Lagi, Gudang Oven Tembakau Milik Warga Temayang Terbakar

0

Bojonegoro – Gudang oven (pengeringan) tembakau, milik H Agus Salim (55), warga Dukuh Nguncaran Desa Jono RT 011 RW 003 Kecamatan Temayang, pada Kamis (31/08/2017) sekira pukul 07.30 WIB pagi tadi, terbakar. Diduga penyebab kebakaran dikarenakan ada tembakau kering yang jatuh ke tungku oven, lalu terbakar dan apinya membakar seluruh tembakau yang berada di dalam oven tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan korban diperkirakan menderita kerugaian kurang lebih Rp 40 juta rupiah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Selasa (29/08/2017) sekira pukul 18.45 WIB lalu, gudang oven milik Liswati (57), warga Desa Temayang RT 010 RW 004 Kecamatan Temayang juga ludes terbakar.

Menurut penuturan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Pos Bantu Temayang pada pagi hari tadi menerima laporan sekira pukul 07.40 WIB. Selanjutnya, Dinas Pemadam Kebakaran mengirimkan 3 (tiga) unit mobil pemadam kebakaran, 1 (satu) unit dari Pos Bantu Temayang dan disusul 2 (dua) unit lagi dari Pos Bojonegoro, dengan melibatkan 13 orang personil.

“Api baru dapat benar-benar dapat dipadamkan setelah dilakukan penyemprotan jjurang lebih selama satu setengah jam,” terang Sukirno.

Senada yang disampaikan Sukirno, menurut keterangan Kapolsek Temayang AKP Margono, bahwa pagi tadi pihaknya menerima laporan dari warga terkait adanya peristiwa kebakaran oven tembakau milik warga Desa Jono Kecamatan Temayang.

“Sebelum terjadi kebakaran tersebut, oven dalam kondisi dipergunakan untuk mengeringkan daun tembakau sebanyak kurang lebih 8 ton”, terangnya.

Lebih lanjut AKP Margono menyampaikan, bahwa setelah pihaknya mendapat laporan, petugas dari Polsek Temayang segera menuju lokasi kejadian guna membantu pengamanan dan melakukan olah TKP.

“Saat petugas datang, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran, sudah mlakukan penyemprotan,” lanjut Kapolsek.

Sementara dari keterangan saksi-saksi, penyebab kebakaran diduga karena adanya daun tembakau yang berada diatas tungku oven jatuh ke api tungku.

“Daun tembakau yang jatuh tersebut langsung terbakar dan apinya menyambar daun tembakau yang lainnya,” terang Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, oven yang terbakar tersebut berukuran 8 meter kali 8 meter dan tinggi 7 meter dengan dinding terbuat dari tembok batu bata.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan akibat peristiwa tersebut korban diperkirakan menderita kerugaian kurang lebih Rp 40 juta rupiah,” pungkas Kapolsek.

Comments

comments

Share.

About Author