Keberadaan Rukan Bhabinkamtibmas di Kedewan, Digunakan Untuk Menyerap Aspirasi Masyarakat Setempat

0

Bojonegoro – Dibukanya Rukan Bhabinkamtimas sangat efektif dan bermanfaat untuk masyarakat bersama Kepolisian dalam musyawarah perihal kamtibmas. Seperti hari ini Sabtu, (05/08/2017), ada dua orang tokoh masyarakat bernama Mari yang setiap harinya disapa pak Tomari. Mereka datang ke Rukan setempat di Dusun Dandangilo, Desa Hargomulyo menemui brigadir Sumarno selaku Bhabinkamtibmas.

Tokoh masyarakat setempat berkunjung keRukan bersilaturohmi dan menyoal masalah pertanian yang saat ini sedang tren dikalangan masyarakat Kecamatan Kedewan yang ramai ramai mengerjakan tanah lahan milik Perhutani dengan istilah tanah Persil namun terkendala masalah pupuk.

Beberapa waktu yang lalu pernah dibahas dalam pertemuan yang dimoderatori oleh pihak Kantor Kecamatan di Balai Desa Hargomulyo yang diwakili penyuluh pertanian yang mengatakan untuk pupuk tanaman pertanian bisa dipinjam dulu dan menggantikannya setelah panen, namun perkembangannya petani tidak tertarik dan memilih membeli pupuk sendiri sendiri diluar program tetsebut.

Dikhawatirkan, petani yang menggarap tanah Perhutani dengan perjanjian sewa lahan per tahun Rp.460.000,- dan rata rata adalah petani baru / dadakan yang semua keperluan pertaniannya menggunakan jasa orang lain atau tidak ditangani sendiri merugi, sehingga dapat mempengaruhi situasi Kamtibmas yang saat ini sudah kondusif.

Gejolak penambangan tradisional pada sumur tua yang lesu memaksa kami banting stir bertani sebisanya kata sdr. Mari mewakili rekannya sesama penambang yang juga turut bertani. Dari keterangan dialog dengan warganya, Brigadir Sumarno memberikan pesan bahwa memang bertani sebetulnya tidak mudah bagi yang baru melakoninya, jadi perlu perhitungan juga agar tidak merugi.

“Bapak-bapak perlu dialog contohnya seperti sekarang ini, sehingga mungkin ada solusi buat kita bersama”, pesan Brigadir Sumarno kepada tokoh masyarakat yang berkunjung ke Rukan Bhabinkamtibmas Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan.

Comments

comments

Share.

About Author