Polres Bojonegoro Berhasil Ungkap Curat Dan Curas

0

Kota – Peristiwa pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih saja terjadi di wilayah hukum Polres Bojonegoro. Hal tersebut bisa berarti bahwa tingkat kewaspadaan dari masyarakat akan tindak kriminalitas tersebut masih juga rendah. Sejak bulan Januari hingga Mei 2016 ini, sudah ada sekitar 14 kasus curanmor yang dilaporkan dan ditangani oleh Polres Bojonegoro.

Menurut keterangan Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK MSi, dari ke empat belas kasus tersebut, seluruhnya perlahan-lahan bisa diungkap oleh polisi. Mulai dari pencurian kendaraan bermotor biasa, pencurian dengan pemberatan (curat) maupun pencurian dengan kekerasan (curas). “Alhamdulillah sampai pada hari ini, sudah terungkap semua,” ujar dia usai rilis media, Kamis (26/05).

Berdasarkan data yang dimiliki,data terakhir menyebutkan bahwa kepolisian telah berhasil mengungkap pelaku curanmor kategori curat di wilayah Kabupaten Blora. Polisi berhasil menangkap pelaku setelah DPO selama lebih dari dua bulan. “Petugas masih akan terus melakukan penyelidikan dan pengembangan mendalam kasus pencurian-pencurian yang terjadi,” terang AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Kapolres mengungkapkan bahwa pelaku pencurian, kebanyakan berjumlah dua orang. Mereka melakukan aksi pencurian dengan modus merusak dan mencongkel kunci kontak dengan kunci T. Hingga kemudian pelaku berhasil membawa kabur kendaraan yang sudah diincar. “Mulanya pelaku yang berjumlah dua orang berboncengan dan berjalan seperti orang kebanyakan. Namun mata mereka lincah mencari sasaran. Begitu ada motor ada kesempatan, mereka beraksi,” ungkap dia..

Masih kata Kapolres, sampai saat ini, sudah ada 14 kasus pencurian kendaraan bermotor dengan jumlah tersangka 4 orang. Jumlah tersebut diperkirakan bisa meningkat karena dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat. “Jelang bulan ramadan tentu kebutuhan akan meningkat. Hal ini bisa juga menjadi akibat meningkatnya tindak pencurian. Sehingga yang perlu diwaspadai masyarakat, jangan sampai teledor menjaga keamanan diri dan barang sendiri,” tutur dia.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat untuk sedapat mungkin mengurangi kesempatan terjadi kriminalitas. Masyarakat harus memperhatikan dimana ia memarkir kendaraannya. “Pastikan kendaraan diparkir di tempat aman dengan menambahkan kunci ganda. Lalu upayakan juga memasang alat pengaman (cctv) di rumah,” imbau dia.

Comments

comments

Share.

About Author