Ming. Mei 26th, 2019

3 Rumah Milik Warga Sukosewu Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 260 Juta

Bojonegoro – Kebakaran hebat menghanguskan 3 bangunan rumah milik warga Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (11/08/2018) sekira pukul 07.30 WIB pagi tadi. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun ketiga korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 260 juta rupiah.

Penyebab kebakaran atau sumber api, saat ini masih dalam penyelikdikan petugas namun diduga sumber api berasal dari korsleting arus listrik.

Ketiga korban tersebut adalah Malik (48), Jasman (71) dan Muntolip (42), ketiganya warga Dusun Kalisat Desa Sumberjokidul RT 004 RW 001 Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.

Menurut Keterangan Pejabat Sementara (Pjs) Kapolsek Sukosewu, AKP H Nugroho Basuki SH, yang dikutip dari keterangan saksi-saksi bahwa kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula saat itu, saksi Marsini (58) yang merupakan mertua Malik (48), sedang berada di rumahnya tiba-tiba mendengar suara letusan dari dalam rumah milik Malik (48). Setelah dilihat, saksi mengetahui kepulan asap yang berasal dari atap rumah menantunya tersebut.

Mengetahui hal tersebut selanjutnya saksi Marsini segera masuk ke dalam rumah malik, untuk mengevakuasi kakek Malik yang bernama Mbah Tarijan, untuk dibawa keluar dari rumah, sambil berteriak minta tolong pada para tetangga.” jelas AKP Nugroho Basuki SH.

Mendengar teriakan saksi Marssini, kemudian warga masyarakat sekitar berdatangan untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya, ambil meminta bantuan kepada Dinas pemadam Kebakaran Bojonegoro, untuk membantu melakukan pemadaman. Selanjutnya peristiwa tersebut dilaporkan pada perangkat desa setempat dan diteruskan ke Polsek Sukosewu.

“Karena angin yang kencang, api dengan cepat membakar rumah Malik menjalar ke rumah Jasman serta dapur milik Muntolip,” lanjut Pjs Kapolsek.

Tidak lama berselang, datang mobil pemadam kebaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, untuk membantu memadamkan api.

“Petugas berhasil memadamkan api yang membakar dapur milik Muntolip sehingga api tidak menjalar ke pemukiman warga yang lain namun rumah milik korban Malik dan Jasman, tidak bisa terselamatkan dan hangus terbakar beserta seluruh isi rumahnya.” terang Kapolsek.

Masih menurut AKP Nugroho Basuki, berdasarkan hasil olah TKP, penyebab kebakaran atau sumber api, diduga kuat berasal dari korsleting arus listrik yang berada di rumah Malik.

Akibat peristiwa tersebut, barang-barang milik Malik yang terbakar berupa, 2 (dua) bangunan rumah kayu, 2 (dua) buah rangka rumah kayu yang akan dipergunakan unntuk rehab rumah, 1 (satu) unit sepeda motor Suzuki Stria, 1 (satu) ekor sapi, 2 (dua) ton gabah, 3 (tida) unit handphone, seluruh perabot rumah dan surat-surat penting atau dokumen diantaranya sertifikat tanah.

“Korban Malik diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 150 juta rupiah,” jelas Kapolsek.

Sementara untuk korban Jasman, barang-barang miliknya yang terbakar berupa, 2 (dua) bangunan rumah kayu, 1 (satu) buah rangka rumah kayu yang akan dipergunakan unntuk rehab rumah, 1 (satu) unit sepeda angin, seluruh perabot rumah dan surat-surat penting atau dokumen diantaranya sertifikat tanah.

“Korban Jasman diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 100 juta rupiah,” lanjut Kapolsek.

Sedangkan untuk korban Muntolip, yang terbakar berupa bangunan dapur dan sebagian peralatan dapur.

“Korban Muntolip diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 10 juta rupiah,” imbuh Kapolsek.

Secara terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, bahwa pihaknya menerima laporan laporan pada pukul 08.09 WIB.

Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro segera mengirimkan 2 (unit) unit mobil pemadam kebakaran dengan kekuatan 12 personel dan petugas sampai di lokasi kejadian sekira pukul 08.21 WIB.

“Api benar-benar dapat dipadamkan sekira pukul 09.48 WIB,” terang Sukirno.

Comments

comments