Ada 12 Peristiwa Kebakaran di Bojonegoro Di Tahun 2018 dengan Kerugian Material Besar

0

Bojonegoro – Diberitakan sebelumnya, bahwa berdasarkan data yang diperoleh media ini dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, sepanjang tahun 2018, di Kabupaten Bojonegoro terjadi peristiwa kebakaran sebanyak 165 kasus, dengan total kerugian material diperkirakan mencapai Rp 6,6 miliar.
Berikut ini 12 peristiwa kebakaran di Kabupaten Bojonegoro sepanjang tahun 2018 dengan kerugian material yang besar:

Kebakaran dengan total kerugian paling besar melanda gudang tembakau, UD Sumberarum yang berlokasi di Dusun Plumbungan Desa Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (19/10/2018). Tidak ada korban jiwa namun kerugian materiil diperkirakan mencapai sebesar Rp 1 miliar.

Selanjutnya kebakaran hebat menghanguskan 3 bangunan rumah dan 2 bangunan sekolah yang terletak di pinggir jalan raya jurusan Bojonegoro – Babat, turut wilayah Desa Talun RT 005 RW 002 Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (14/08/2018). Tidak ada korban jiwa, kerugian materiil sebesar Rp 650 juta.

Kekaran yang dengan kerugian material besar selanjutnya menimpa toko milik H Ismail bin Slamet (50), warga Desa Pilanggede RT 001 RW 001 Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (27/09/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp 500 juta.

Kebakaran hebat menghanguskan sebuah rumah dan toko milik Nurkakim (42) warga Desa Tembeling RT 006 RW 001 Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (25/02/2018). Sumber api berasal dari percikan bunga api saat korban sedang melakukan tes bola lampu dan menyulut tumpahan bahan bakar pertalite yang ada di toko milik korban, sehingga api langsung membesar dan membakar toko berikut rumah korban.
Tidak ada korban jiwa kerugian materiil diperkirakan mencapai sebesar Rp 500 juta.

Kebakaran hebat menghanguskan sebuah rumah yang dipergunakan untuk tempat usaha kerajinan kayu dan mebel milik H Muhtadi (70), warga Dusun Sendang Kijing Desa Sambeng RT 013 RW 004 Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (01/07/2018). Sumber api diduga berasal dari korsleting arus listrik yang kemudian membakar barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut hingga akhirnya menghanguskan bangunan berikut seluruh isinya.

Tidak ada korban jiwa namun 1 (satu) unit mobil Toyota Kijang milik korban, turut terbakar. Akibat kejadian tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material hingga Rp 500 juta.

Kebakaran hebat menghanguskan 2 (dua) rumah warga di Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (07/08/2018). Penyebab kebakaran atau sumber api diduga berasal dari korsleting arus listrik dari salah satu rumah, yang menyambar oli bekas dan bensin sepeda motor dan selanjutnya api membesar serta merembet ke rumah waga yang lain. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 425 juta.

Kebakaran hebat menghanguskan rumah dan toko milik Sarimin alias Pake Lis (60), warga Dukuh Sumber Wuluh Desa Ngunut RT 008 RW 002 Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (19/06/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun korban Sarimin (60), sempat terkena kobaran api sehingga menyebabkan luka bakar ringan pada tangan, kaki dan pipi atas. Akibat peristiwa kebakaran tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material lebih dari Rp 300 juta.

Kebakaran hebat menghanguskan 3 bangunan rumah milik warga Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (11/08/2018). Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun ketiga korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 260 juta rupiah. Sedangkan penyebab kebakaran atau sumber api, saat ini masih dalam penyelikdikan petugas namun diduga sumber api berasal dari korsleting arus listrik.

Peristiwa kebakaran menghanguskan rumah milik Sarman (70), warga Dusun Ngrambah Desa Ngrancang RT 018 RW 005 Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro, pada Minggu (25/11/2018). Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut, kerugian material diperkirakan mencapai sebesar Rp 250 juta. Sementara, penyebab kebakaran atau asal sumber api, diduga berasal dari korsleting arus listrik.

Kebakaran hebat menghanguskan 8 (delapan) unit bedak atau kios yang berada di Pasar Pahing, Desa Balongrejo Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, pada Senin (01/01/2018). Masih belum diketahui secara pasti asal sumber api atau penyebab kebarakan tersebut. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut dan kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 250 juta.

Kebakaran menghanguskan rumah milik Pasudi bin Rasid (46) warga Dusun Karanganyar Desa Kasiman RT 003 RW 006 Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro, pada Senin (05/11/2018). Saat peristiwa kebakaran tersebut terjadi, rumah tersebut dalam keadaan kosong atau tidak ada penghuninya karena korban sedang bekerja di luar kota.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, diduga sumber api berasal dari korsleting arus listrik. Akibat kejadian tersebut korban diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 125 juta.

Peristiwa kebakaran menghanguskan rumahmilik Yanto (32), warga Desa Purworejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu (15/12/2018). Penyebab kebakaran atau sumber api berasal dari selang kompor gas yang bocor dan mengeluarkan api, yang kemudian menyambar dinding dapur hingga akhirnya membakar rumah korban.

Saat baru terjadi kebakaran, korban berupaya memadamkan api tersebut, namun korban tersambar kobaran api hingga mengakibatkan luka bakar di bagian kaki, tangan, dan punggung, sehingga harus mendapatkan perawatan medis. Akibat kejadian tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 100 juta.

Kebakaran menghanguskan rumah milik Wakid Udin (36), warga Desa Mudung RT 008 RW 003 Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (27/07/2018). Diduga penyebab kebakaran atau sumber api berasal dari korleting arus listrik yang berada di dalam kamar rumah korban. Tidak ada korban jiwa dan akibat peristiwa kebakaran tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material lebih dari Rp 100 juta.
Keterangan: Diurutkan berdasarkan besar kerugian material.

 

Comments

comments

Share.

About Author

1