Antisipasi Gangguan Mudik Lebaran 2018, Dit Lantas Polda Jatim Turun ke Lokasi Rawan di Bojonegoro

0

Pengecekan lokasi rawan

Bojonegoro – Tim Survey dari Subdit Dikyasa, Dit Lantas Polda Jatim, bersama Sat Lantas Polres Bojonegoro serta instansi terkait, pada Kamis (15/03/2018) mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, lakukan pengecekan ke lokasi Jembatan Kalirejo Kecamatan Ngraho kabupaten Bojonegoro, yang terletak di ruas jalur nasional Padangan-Ngawi, yang sebelumnya pondasi jembatan tersebut dilaporkan mengalami abrasi karena gerusan luapan aliran sungai tersebut yang dimungkinkan dapat menimbulkan kerawanan atau ganguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelalancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas, selama arus mudik dan arus balik lebaran 2018.

Pengecekan tersebut dilaksanakan berkaitan dengan kegiatan Survey Jalur Mudik Lebaran Tahun 2018, oleh Tim Survey Dit Lantas Polda Jatim, di wilayah hukum Polres Bojonegoro, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan timbulnya gangguan mudik lebaran 2018.

Kegiatan tersebut dipimpin Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Jatim, AKBP Didik Hariyanto SIK, didampingi Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Aristianto Budi Sutrisno SH SIK MH dan melibatkan personel dari tim survey Polda Jatim, anggota Sat Lantas Polres Bojonegoro, Dinas Perhubungan Bojonegoro, Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Bojonegoro, Dinas PU Cipta Karya Bojonegoro serta dari Satpol PP Bojonegoro.

Kepada media ini, AKBP Didik Hariyanto SIK menyampaikan bahwa kegiatan Survey Jalur Mudik Lebaran Tahun 2018 tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan wilayah dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2018.

“Sehingga nantinya mudik lebaran dapat berjalan lancar dan nyaman bagi pengguna jalan,” tutur AKBP Didik Hariyanto SIK.

Selain itu, survey ini juga dilaksanakan dalam rangka persiapan dalam menangani arus mudik lebaran 2018, termasuk perencanaan dan antisipasi segala permasalahan terkait kamseltibcarlantas dan ancaman kamtibmas selama mudik lebaran 2018.

“Kegiatan ini dalam rangka persiapan mudik lebaran sehingga jika terjadi permasalahan, petugas dapat melakukan langkah-langkah antisipasi sesuai yang telah dipersiapkan.” jelas AKBP Didik Hariyanto.

Terkait kondisi Jembatan Kalirejo Kecamatan Ngraho yang mengalami kerusakan dan berpotensi menimbulkan gangguan arus mudik dan arus balik lebaran 2018, pihaknya menekankan kepada pihak-pihak terkait untuk segera melaksanakan perbaikan.

“Mengingat lokasi jembatan tersebut termasuk jalur mudik lebaran, sehingga berpotensi menjadi gangguan kamseltibcar lantas.” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bojonegoro AKP Aristianto Budi Sutrisno SH SIK MH, kepada media ini mengungkapkan bahwa dalam rangka persiapan arus mudik lebaran 2018, pihaknya juga telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi permasalahan.

“Mulai saat ini kami mulai menginventarisir titik-titik rawan, yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcar lantas,” terangnya.

Lebih lanjut, Kasat Lantas juga menyampaikan, bahwa dirinya juga akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam mempersiapkan arus mudik lebaran 2018, termasuk kemungkinan timbulnya ganguan kamseltibcar lantas yang diakibatkan oleh adanya kerusakan jalan atau jembatan seperti yang saat ini terjadi di jembatan Kalirejo Kecamatan Ngraho.

“Kami akan terus berkoordiansi dengan instansi terkait, agar arus mudik lebaran 2018 dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar,” pungkasnya.

Comments

comments

Share.

About Author

1