Ming. Sep 19th, 2021

Bhabinkamtibmas Dan Marcapada Adakan Bersih Sungai Bengawan Solo

Bojonegoro – Komunitas masyarakat tanggap bencana dan peduli sesama (MARCAPADA) melakukan aksi lagi, pada Rabu (21/9) sore, mereka melaksanakan acara bersih – bersih Bengawan bersama warga, acara bersih – bersih Bengawan itu dilakukan di pinggir sungai Bengawan Solo Kelurahan Ledok Kulon.

Menurut Brigadir Rahmad Muhajirin sang pencetus komunitas Marcapada yang juga sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Ledok Kulon, kegiatan bersih bersih Sungai Bengawan Solo itu adalah upaya untuk melestarikan Bengawan supaya kebersihan Sungai Bengawan Solo selalu terjaga dan tanggul tetap terawat sehingga bisa mencegah longsor tebing bengawan.

“Dengan kita peduli lingkungan dan merawat lingkungan Sungai Bengawan Solo maka kebersihan tetap terjaga, bayangkan kalau kita semua cuek tidak mau tahu dan membuang sampah di Sungai, berapa sampah yang akan menumpuk di Sungai dan itu bisa mengakibatkan banjir,” terang Bripka Muhajirin.

Dia menambahkan, Pada bulan Oktober mendatang pembersihan tepi Sungai Bengawan Solo akan dilaksanakan di Bendung Gerak oleh Pemkab dalam hal ini BPBD Bojonegoro yang akan mengadakan apel 1000 relawan untuk bersih bersih Bengawan. Mendapati kabar tentang hal itu, anggota Marcapada selalu siap sewaktu waktu membantu BPBD dalam penannggulangan bencana.

“Kita mendapat informasi bahwa pada bulan oktober nanti BPBD akan mengadakan apel 1000 relawan untuk bersih bersih Bengawan, dan kita Marcapada akan dilibatkan untuk membantu mensukseskan acara tersebut,”ucap Bripka Muhajirin.

Munculnya nama Marcapada itu di karenakan Kelurahan Ledok Kulon yang di lalui Sungai Bengawan Solo sering kena imbas meluapnya air apabila musim hujan sehingga terciptalah nama Marcapada, semenjak didirikan komunitas itu, kegiatan sosial mereka bisa dikatakan sangat banyak, mereka membantu masyarakat pada saat banjir, membantu menanam pohon bambu di bantaran Bengawan, dan masih banyak kegiatan sosial lainnya, terakhir mereka membantu pencarian korban tenggelam di Sungai Bengawan Solo.(humasresbjn)

Comments

comments