Ming. Sep 19th, 2021

Bhabinkamtibmas Deling Mengikuti Gerakan Penanaman Pohon

Bojonegoro – Brigadir Ahmid Riono Anggota Bhabinkamtibmas Desa Deling Polsek Sekar Polres Bojonegoro, Selasa (22/11) mengikuti gerakan penanaman pohon yang diadakan oleh Perhutani BKPH Deling dan pemerintah Desa Deling Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Muspika Kecamatan Sekar, ADM KPH Perhutani (administratur kesatuan pemangku hutan) Bojonegoro Erwin. S Hut, Asper (Asisten Perhutani) seBojonegoro, Kepala Desa Deling, LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) Desa Deling yang berjumlah kurang lebih 100 orang. Mereka menanam sebanyak 200 pohon Trembesi yang ditanam di hutan petak 199e tepatnya di lolasi wisata Atas Angin Desa Deling Kecamatan Sekar.

Dalam kesempatan tersebut ADM KPH Bojonegoro mengharap kepada warga masyarakat, agar setelah selesai penanaman pohon Trembesi tidak dibiarkan begitu saja akan tetapi harus tetap dilakukan perawatan sampai pohon tersebut hidup dan tumbuh. Karena menurutnya, kedepan pohon tersebut akan menjadi hutan lindung yang amat bermanfaat bagi warga sekitar utamanya dari bencana alam erosi, tanah longsor dan banjir bandang.

Brigadir Ahmid yang ikut melaksanakan penanaman pohon berpesan kepada Kepala Desa Deling selaku pengelola wisata Atas Angin agar benar-benar memelihara dan menjaga pohon tersebut agar jangan sampai mati, karena penanaman pohon itu sendiri sangat penting untuk mencegah banjir maupun kekeringan mengingat Kabupaten Bojonegoro struktur tanahnya liat sering menjadi langganan banjir saat musim hujan dan beberapa daerah mengalami kekeringan saat musim kemarau.

“Pohon bisa berperan sebagai resapan air, dengan melakukan penanaman pohon cadangan air tanah dapat meningkat, sehingga pada musim hujan air bisa terserap dan saat musim kemarau tanah tidak menjadi kekeringan karena mempunyai cadangan air,” ucap Brigadir Ahmid.

Kepala Desa Deling dalam kesempatan tersebut mungucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI serta semua warga yang telah membantu mensukseskan penanaman pohon trembesi dilokasi wisata Atas Angin yang dikelolanya, bersama warga masyarakat dia menyatakan kesanggupannya untuk memelihara pohon yang sudah ditanam. (humas)

Comments

comments