Sen. Sep 20th, 2021

Bhabinkamtibmas Desa Napis Polsek Tambakrejo Hadiri Tradisi Nyadran

Bojonegoro – Tradisi nyadran Desa Napis Kecamatan Tambakrejo kabupaten Bojonegoro sudah berlangsung turun temurun sejak lama , tradisi tersebut masih dilaksanakan masyarakat Desa Napis sebagai rasa wujud syukur terhadap Allah SWT dan juga sebagai warisan nenek moyang dalam kehidupan masyarakat tradisional jawa pada khususnya, Jumat, (07/02/2020).

Tradisi Nyadran Desa Napis dilaksanakan dilingkungan pemakaman Sorgino Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Kebiasaan nyadran membaca surat Yasin, dzikir, tahlil dan do’a dipimpin tokoh masyarakat setempat, disampaikan oleh warga masyarakat kepada ahli kubur, hanya untuk memohon bagi arwah diterima amal kebaikannya, diringankan dari siksa kubur, dijauhkan dari segala mala petaka dan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad S.A.W,dan bagi yang ditinggalkan mohon diberikan keselamatan, dimudahkan dari sesuatu dan dijauhkan dari mala petaka.

Bhabinkamtibmas Desa Napis Bripka Sigit , menghadiri kegiatan nyadran bersama sama warga masyarakat sekitar Desa Napis[i]. Dalam kesempatan tersebut Bripka Sigit menghimbau kepada warga masyarakat bahwa kegiatan nyadran merupakan hal yang positif yang dapat dijadikan untuk Silaturahmi sehingga kerukunan warga masyarakat tetap terjaga.

“Kegiatan nyadran merupakan hal yang positif yang dapat dijadikan untuk Silaturahmi sehingga kerukunan warga masyarakat tetap terjaga”. ungkap Bripka Sigit kepada awak media.

Dalam kesempatan ini, Bripka Sigit tidak lupa menyampaikan pesan pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat yang mengikuti nyadran dalam kaitannya tetap waspada saat menaruh atau memarkir sepeda motor saat di tinggal. Saat memarkir sepeda motor ditempat yang aman ada penjaganya, ditambah kunci ganda atau alarm sepeda motor. Disamping itu juga, jangan mudah percaya atau terprovokasi adanya informasi atau berita yang tidak jelas asal usulnya.

“Dengan adanya tradisi nyadran ini sangat positif dan dari Polsek Tambakrejo bisa menyampaikan himbauan Kamtibmas, kita sampaikan saat memakir sepeda motor ditempat parkir yang ada penjaganya, ditambah kunci ganda walaupun sudah di kunci stir,” ucap Bhabinkamtibmas Desa Napis, Bripka Sigit.(waf/humas)


Comments

comments