Bupati Bojonegoro: Aparat Mampu Menjaga Stabillitas Keamanan Pelaksanaan Pemilu 2019

0

Bojonegoro – Bupati Bojonegoro, Dr H Anna Muawanah, pada Jumat (22/03/2019) pagi, di Alun-alun Bojonegoro, memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presidan dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Pada kesempatan tersebut Bupati Anna Muawanah mengungkapkan bahwa dirinya meyakini bahwa dengan adanya sinergitas antara TNI, Polri dan penyelenggara Pemilu serta seluruh komponen masyarakat, setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama, sehingga mampu menjaga stabillitas keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Bojonegoro.

“Saya sangat meyakini bahwa unsur Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat pemerintahan pada strata desa atau kelurahan, sangat menguasai situasi di wilayahnya, sehingga mampu menjaga stabillitas keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.” tutur Bupati Anna Muawanah.

Bupati Anna Muawanah juga menuturkan bahwa dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, agar seluruh prajurit TNI, Polri dan seluruh unsur yang terlibat, mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum.

“Wujudkan sinergitas antara TNI, Polri dengan penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat, agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama.” tutur Bupati berpesan.

Terkait hal tersebut, Bupati menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 sebagai berikut:

1). Pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun, sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan balasan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa, bila dilaksanakan dengan tulus ikhlas;

2). Jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI, Polri, dan seluruh komponen masyarakat, guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas;

3). Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan, agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019;

4). Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku tehadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2019;

5). Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa;

6). Inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat, untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian serta memberikan karya terbaik bagi bangsa dan negara. Selamat bertugas!” pungkas Bupati.

Sebelumnya, dalam apel gelar pasukan tersebut, Bupati Bojonegoro, Dr H Anna Muawanah, didampingi Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dan Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Redinal Dewanto SSos.

Turut hadir dalam kegiatan apel tersebut Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Komandan Sub Denpom di Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro, Kepala OPD di linkup Pemkab Bojonegoro, Ketua KPUD Bojonegoro, Komisioen Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, perwakilan Partai Peserta Pemilu, Kapolsek, Danramil dan Camat se Kabupaten Bojonegoro

Sementara peserta apel sejumlah 6.000 personel gabungan dari anggota Polres Bojonegoro, anggota Kodim 0813 Bojonegoro, anggota Sub Denpom Bojonegoro, anggota Sat Brimob Kompi 3 Pelopor di Bojonegoro, anggota Dinas Perhubungan, anggota Dinas Kesehatan, anggota Kesbangpol, anggota Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, anggota Satpol PP, anggota Linmas, sejulah Relawan dari PMI, Tagana serta anggota Pramuka.

Comments

comments

Share.

About Author

1