Dapur Milik Warga Dander Bojonegoro Ludes Terbakar Saat Ditinggal Tidur

0

Bojonegoro – Dapur milik Ratmi (70), warga Desa Ngraseh RT 013 RW 003 Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, pada Jumat (02/11/2018) sekira pukul 12.00 WIB, ludes terbakar.

Penyebab kebakaran atau asal sumber api, duduga berasal pawon atau tungku untuk memasak yang berbahan bakar kayu bakar yang setelah dipergunakan oleh korban, namun lupa dimatikan sehingga apinya merembet hingga akhirnya membakar seluruh bangunan dapur milik korban tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut dan akibat kejadian tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 7,5 juta.

Menurut keterangan Kapolsek Dander, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mashadi SH, bahwa kronologi kejadian tersebut bermula, pada Jumat (02/11/2018) sekira pukul 11.30 WIB, korban sedang memasak air dengan menggunakan tungku yang berbahan bakar kayu bakar di dapur..

“Setelah selesai memasak, korban lupa mematikan tungku tersebut dan oleh korban ditinggal tidur.“ jelas Kapolsek.

Sekira pukul 12.10 WIB, tetangga korban yang bernama Mukit (40) dan Yanto (40), melihat rumah dapur milik korban terbakar, sehingga kedua tetangga korban tersebut berteriak minta tolong pada warga sekitar untuk membantu memadamkan api serta menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran.

“Warga sekitar segera berupaya memadamkan api dengan mengguanakn peralatan seadanya,” imbuh Kapolsek.
Tidak lama berselang datang 2 (dua) nnit mobil PMK sudah untuk membantu memadamkan api, namun rumah dapur milik koraban tersebut sudah ludes terbakar.

Rumah yang terbakar tersebut berukuran 5 meter kali 8 meter, rangka rumah terbuat dari kayu gelugu atau batang kelapa, dinding dari papan kayu dan sebagian terbuat dari anyaman bambu serta di dalam rumah dapur tersebut terdapat tumpukan kayu bakar.

“Akibat kejadian tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 7,5 juta rupiah.” lanjut Kapolsek.

Secara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, kepada awak media ini menerangkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro menerima laporan sekira pukul 12.14 WIB. Selanjutnya, Dinas Pemadam Kebakaran mengirimkan 2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran, berikut 9 orang personel.

“Petugas sampai di lokasi kejadia pukul 12.26 WIB dan api benar-benar dapat dipadamkan pada pukul 13.05 WIB,” terang Sukirno.

Comments

comments

Share.

About Author

1