Denda Tilang 2 Juta Pada Pemilik Motor Warga Baureno yang Diberitakan Salah Satu Media Online Ternyata Tidak Benar

0

 

Bojonegoro – Adanya kabar terkait seorang ibu rumah tangga bernama Rina (37) warga Desa Kalisari Kecamatan Baureno Bojonegoro, yang terkena denda tilang motor hingga Rp 2 juta lebih, membuat kami penasaran.

Tim kami dari tribratanewsbojonegoro.com mencoba menghubungi Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro, terkait adanya denda tilang hingga 2 juta lebih itu.

“Ah.. Ada ada saja mas, gak ada denda sebanyak 2 juta itu, mungkin salah baca,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah mendengar adanya berita itu. Namun setelah ditanyakan ke Kasat Lantas ternyata denda tilang sebanyak itu memang tidak benar.

Sementara Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto BS, saat kami hubungi melalui sambungan whatsapp menyampaikan bahwa hal itu memang tidak benar. Dijelaskan oleh Kasat Lantas, tilang yang dikenakan pada ibu rumah tangga tersebut merupakan e tilang dengan register tilang D5068089 atas nama RINA yang melanggar pasal 288 (1) Jo 106 tanggal sidang 8 Februari 2018 dan Kode Briva 229550010861588 dengan dendanya sesuai tabel yaitu sebesar Rp. 102.000.

“Mungkin kode Briva itu dikiranya denda, karena kode Briva diawali dengan 2295500..xx… sampai 15 digit,” terang kasat lantas, pada Rabu (31/01) sore.

Bahkan, Kasat Lantas menyampaikan bahwa tilang itu bisa batal demi hukum karena kurang teliti anggotanya yang memberikan surat tilang kepada pelanggar pada tanggal 25 Januari namun sidangnya tanggal 8 Januari 2018.

“Tilangnya bisa batal demi hukum, dan yang membayar denda adalah anggota kita yang memberi tilang,” jelasnya.

Kasatlantas juga menyampaikan bahwa ada awak media yang menghubunginya terkait hal itu, namun karena kesibukannya dalam melayani masyarakat dan banyaknya tamu sehingga pihaknya tidak sempat untuk menjawab dan mengklarifikasi.

Dengan adanya kejadian ini, Kasat Lantas AKP Aristianto BS melalui media ini menghimbau kepada warga masyarakat untuk bertanya kepada petugas kepolisian apabila kurang jelas mengenai suatu permasalahan, Kepada awak media, Kasat Lantas juga meminta agar dalam pemberitaan untuk benar benar mencari narasumber yang mengerti akan suatu permasalahan, sehingga kejadian semacam itu tidak terulang dan tidak membuat resah masyarakat yang membaca berita.

Comments

comments

Share.

About Author

1