Rab. Nov 25th, 2020

Ditinggal di Sawah, Mesin Diesel Traktor Dicuri

Oleh Linda Estiyanti

Dander – Perhatian masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya tindak kejahatan perlu diperhatikan. Salah satunya dengan memastikan keamanan barang berharga saat hendak ditinggal. Sebab, kecerobohan bisa memancing kesempatan timbulnya tindak kejahatan.

Kejadian pagi tadi bisa menjadi pelajaran. Pasalnya, pagi tadi, Sabtu (22/08), Nur Arif, Ketua Kelompok Tani Bogo Makmur, asal Dukuh Bogo Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, datang ke Polsek Dander melaporkan telah kehilangan mesin diesel traktor miliknya.

Kejadian bermula ketika Nur Arif meninggalkan traktornya di sawah sekitar pukul 24.00 WIB kemarin malam (21/8). Traktor tersebut adalah bentuan dari pemerintah desa setempat.

Kemudian paginya, sekitar pukul 06.00 WIB, ia berangkat kembali ke sawah untuk membajak seperti biasanya. Namun hal kenyataan mengagetkan yang Nur Arif temui. Ternyata, mesin diesel traktor merk Kubota itu telah hilang.

Sebelum kejadian yang menimpa Arif tersebut, pencurian di desa yang sama juga pernah terjadi. Yakni yang menimpa Sopii, warga asal Dukuh Bogo juga. Traktor miliknya, yang juga merek Kubota, hilang dicuri.

Kepada BBC, sebutan BeritaBojonegoro.com, Kapolsek Dander, AKP Imam Kanafi memberikan keterangan bahwa pencuri membuka paksa kunci seng penutup traktor dengan merusak lubang kuncinya. Kemudian pencuri itu membongkar dan membawa kabur mesin diesel yang terpasang di tubuh traktor tersebut.

Kejadian yang menimpa Nur Arif itu, menyebabkan kerugian mencapai empat belas juta rupiah.

“Pencurian dengan pemberatan ini akan kita selidiki dan cari pelakunya,” terang AKP Imam Hanafi.(lyn/moha)

Comments

comments