Jum. Jul 30th, 2021

Ditinggal Menyapu Halaman, Dapur Dilahap Api

Oleh Mulyanto

Kanor-Musibah kebakaran terjadi lagi. Kali ini wilayah timur Bojonegoro, yakni di Dusun Bakung, Desa bakung, Kecamatan Kanor, pagi hari tadi (25/08).

Kebakaran kali ini menimpa dapur rumah milik Lasmo (67), seorang petani warga desa setempat.

Kejadian yang tidak diinginkan tersebut terjadi ketika Suratmi, istri Lasmo, sedang menanak nasi dengan api tungku pada pukul 05.00 WIB. Sekitar pukul 07.00 WIB, Suratmi mematikan api lalu melanjutkan menyapu halaman rumah. Saat Suratmi membuang sampah ke tempat pembuangan yang letaknya di belakang dapur, dia kaget melihat dapurnya sudah terbakar. Dengan panik, Suratmi berteriak minta tolong para tetangga.

Sadiman, tetangga Suratmi, yang mendengar teriakan itu, langsung mengumumkan lewat pengeras suara di musholla terdekat. Warga sekitar segera bertindak setelah mengetahui apa yang terjadi. Mereka bergotong royong memadamkan api dengan menyiram air semaksimal mungkin ke tempat kejadian. Akhirnya, 5 menit kemudian, api berhasil padam.

Kepolisian, yang menerima laporan tersebut, seketika langsung menghubungi PMK Baureno. 2 unit mobil pemadam, 1 unit mobil rescue, 7 petugas dan 2 anggota TRC BPBD Bojonegoro yang datang tak lama kemudian langsung melakukan tindakan guna memastikan bahwa api benar-benar sudah padam.

Konstruksi dapur rumah tersebut memang terbuat dari bahan yang mudah terbakar, yakni berdinding anyaman bambu dan atapnya dari genteng tanah. Kebakaran tidak seberapa parah ini untungnya tidak memakan korban meninggal. Dapur berukuran sekitar 5 x 10 m tersebut pun hanya terbakar sebagian. Namun kerugian materi, berdasarkan keterangan dari Kepolisian, mencapai Rp2,5 juta.(mol/moha)

Comments

comments