Sel. Okt 22nd, 2019

Gantikan Plastik, Polres Bojonegoro Gunakan Daun Jati Untuk Bungkus Daging Kurban

Bojonegoro – Momentum Hari Raya Idul Adha 1440 H dimanfaatkan Polres Bojonegoro untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik saat pembagian daging hewan kurban.

Untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik, Polres Bojonegoro mempunyai cara unik yaitu dengan menggunakan daun jati.

Daun jati digunakan untuk menggantikan kantong plastik karena lebih ramah lingkungan. Sebab, daun jati biasanya digunakan untuk membungkus nasi yang ada diwarung-warung.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menjelaskan Polres Bojonegoro sengaja menggunakan daun jati untuk pembungkus sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah mengurangi sampah plastik. “Kita menggunakan daun jati sebagai pebungkus daging kurban sebagai salah satu upaya meminimalisir sampah plastik, jika kita menggunakan kantong plastik malah menyisakan sampah yang sulit di daur ulang,” jelas kapolres di sela pelaksanaan pemotongan daging kurban, Minggu (11/8/2019).

“Polres Bojonegoro ingin menjadi bagian langsung dalam mengurangi penggunaan pembungkus berbahan plastik yang merupakan pemerintah. Sehingga tidak semakin menambah jumlah sampah plastik,” ucap AKBP Ary Fadli.

Disampaikan oleh Kapolres bahwa, pada Hari Raya Idul Adha kali ini, Polres Bojonegoro menyembelih 8 ekor sapi dan 27 ekor kambing. Delapan sapi dan kambing yang dipotong kemudian dibungkus dengan daun jati sebanyak 1.500 untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

“Selain ramah lingkungan, jika dibungkus dengan daun jati maka daging sapi atau kambing bisa lebih awet dan lebih enak ketika diolah menjadi menu makanan,” pungkas Kapolres.

Comments

comments