Sen. Sep 20th, 2021

Kandang Ayam Ludes Dilalap Si Jago Merah

Ngasem – Untuk kesekian kalinya, kebakaran kembali terjadi. Kali ini si jago merah melalap habis bangunan barak kandang ayam yang terletak di dekat tempat pemakaman umum Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Kamis pagi (24/09) sekitar pukul 10.15 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena pembakaran sampah yang merembet ke kandang. Diketahui kadang ayam ini milik Pahat (59), Mayor Purnawirawan TNI AD, warga RT 015 Desa Mojoranu, Kecamatan Dander.

Sebagaimana disampaikan kepada BBC sebutan beritabojonegoro.com, kadang ayam miliknya tersebut sudah tiga bulan ini tidak ada aktivitas. Karena yang diserahi mengelola, yaitu adik iparnya, Jahuri (50), sedang sakit-sakitan. Sementara Pahat sendiri sedang sibuk mengerjakan proyek di wilayah Kecamatan Gayam, sehingga kandang tersebut tidak ada yang menjaga.

Masih menurut Pahat, sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngasem, setiap Kamis Legi menjelang Jumat Pahing, warga sekitar selalu membersihkan makam dan selanjutnya membakar sampahnya.

“Kemungkinan api dari pembakaran sampah tersebut yang merembet dan membakar kandang,” ujarnya.

Dalam kebakaran ini tidak ada mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kejadian. DalamĀ  peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Menurut Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro Sukirno, BPBD Bojonegoro tidak mengetahui kejadian tersebut karena tidak menerima laporan. Sementara yang menerima laporan adalah Pos BPBD Temayang dan pemberitahuan tersebut disampaikan setelah api hampir padam. Sehingga pihaknya tidak mengirimkan Mobil Pemadam Kebakaran. (humas)

*) Foto kandang ayam yang terbakar

Comments

comments