Rab. Nov 20th, 2019

Kapolres Bersama Forpimda Menghadiri Upacara HJB Ke-342 Yang Dipimpin oleh Bupati Bojonegoro

Bojonegoro – Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK MH MSi beserta Forpimda turut menghadiri upacara memperingati Hari Jadi Ke-74 Provinsi Jatim dan Peringatan Hari Jadi Ke-342 Kabupaten Bojonegoro yang diselenggaran di Alun alun Bojonegoro, Minggu (20/10/2019).

Upacara bertema “Semangat Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera” dan “Membangun Bersama Masyarakat Makmur Sejahtera” dipimpin oleh Bupati Bojonegoro DR. Hj. Anna Mu’awanah.

Disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, bahwa semakin bertambahnya usia dan waktu, pembangunan yang dilaksanakan semakin menunjukkan peningkatan atau perbaikan. Indeks Pembangunan Manusia yang menggambarkan tingkat kualitas pembangunan manusia di suatu daerah menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ekonomi juga menunjukkan hasil yang menggembirakan.

“Angka kemiskinan yang dari tahun ke tahun menunjukkan adanya penurunan. Pencapaian itu tentu tidak lepas dari upaya keras yang kita laksanakan,” ucap Bupati.

Sementara itu, dikatakan pula bahwa sebagai upaya penurunan kemiskinan telah dilaksanakan salah satunya dengan program bantuan sosial bagi masyarakat miskin, rentan miskin dan tidak mampu. Pemkab Bojonegoro mengalokasikan 17,5 Milyar untuk membantu anak Yatim, Lansia, Penderita penyakit kronis dan Penyandang Cacat Berat.

Untuk Saat ini Pemkab tengah menyiapkan Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNT Daerah) bagi 11.625 keluarga miskin. Selanjutnya, sebagai wujud kepedulian Pemkab Bojonegoro untuk membantu dan meringankan beban masyarakat miskin yang anggota keluarganya meninggal diberikan santunan duka sebesar 2,5 juta dengan alokasi anggaran tahun 2019 sebesar 6 Milyar dan sampai saat ini telah diterima oleh 1.175 keluarga miskin.

Upaya penanggulangan lain yang dilaksanakan Pemkab adalah melalui ALADIN (Perbaikan Atap, Lantai dan Dinding) yang bertujuan meningkatkan kondisi rumah masyarakat miskin agar layak dihuni, aman dan memenuhi syarat kesehatan. Tahun 2019 Pemkab mengalokasi 36,6 Milyar untuk perbaikan 1.711 RTLH. Program perbaikan RTLH selain dialokasikan dari anggaran APBD juga mendapatkan dukungan dari anggaran CSR Perusahaan.

Pemenuhan dan peningkatan Layanan Dasar melalui pembangunan infrastruktur jalan yang mencapai 124 km pada tahun 2019, jembatan, sarana air bersih dan sanitasi diharapkan mampu mendukung percepatan penurunan angka kemiskinan.

Demikian halnya kemudahan perizinan satu atap melalui Mall Pelayanan Publik, pembukaan 100.000 lapangan kerja baru, Modal UKM untuk Bumdes masing-masing 100 juta rupiah, Program Petani Mandiri, Kartu Pedagang Produktif, Festival Tahunan Budaya dan penataan pasar tradisional diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang berdampak pada terwujudnya kehidupan berkelanjutan yang layak dan tercapainya Masyarakat Makmur Sejahtera sesuai dengan tema Hari Jadi Bojonegoro pada tahun ini yakni “Membangun Bersama, Masyarakat Makmur Sejahteraā€¯.

Comments

comments