Sen. Jun 24th, 2019

Kapolres Bojonegoro bersama Dandim Pimpin Pelaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Bojonegoro – Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli didampingi Dandim 0813 Letkol Redinal Dewanto hari ini, Senin (15/04/2019) pagi memimpin pelaksanakan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019.

Apel Pergeseran Pasukan di laksanakan di Jalan MH.Thamrin No.46 Bojonegoro dengan diikuti oleh seluruh anggota yang terlibat pengamanan TPS (tempat pemungutan suara), termasuk anggota Kodim 0813, Brimob Kompi C Bojonegoro yang diperbantukan, serta Anggota Polres Bojonegoro yang standby di Mapolres.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi dalam sambutannya mengingatkan kepada anggotanya agar dalam kegiatan pengamanan ini penggunaan kekuatan harus selalu mendasari kepada Perkap No 01 tahun 2009. Disampaikan oleh Kaolres bahwa tahapan penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian ada beberapa prinsip yang harus diketahui yaitu legalitas, nesesitas atau sesuai kebutuhan, proporsionalitas, kewajiban umum, prefentif, dan reasonable.

“Rekan rekan yang akan melaksanakan pengamanan TPS harus memahami betul SOP yang sudah diberikan, mulai SOP tahap pemungutan, Pasca, maupun Pendistribusian. Sehingga langkah yang kita lakukan tidak melenceng dari aturan yang berlaku. Harapan kita semua Pengamanan mulai tanggal 17 sampai selesai semua berjalan lancar,” ucap Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli.

Dalam penempatan personel yang akan melaksanakan pengamanan Pemilu, Polres Bojonegoro sudah menyiapkan 5 (lima) tempat yang di bagi sebagai posko. Pertama Posko di Polres, Kodim, Posko di Kompi Brimob dan Taktis yang dibuat di depan Kecamatan Sumberrejo. Hal itu dilaksanakan untuk mempermudah merespon apabila situasi secara dinamis berkembang dan membutuhkan pihak keamanan.

“Untuk perbantuan dari TNI maupun dari Kompi Brimob kepada kepada Polres Bojonegoro, semua pergerakannya menjadi tanggung jawab Kapolres, oleh karena itu setiap pergerakan pasukan harus sepengatahuan dan seijin Kapolres,” terang Kapolres.

Sementara, beberapa anggota yang tidak terlibat PAM di TPS, akan diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan kegiatan preventif, melaksanakan patroli skala besar secara rutin mendatangi, membackup, anggota yang ada di TPS.

“Untuk rekan rekan yang ada di TPS, silakan secepat mungkin diinformasikan kepada posko atau dengan menggunakan alat yang sudah disiapkan aplikasi yang sudah disiapkan silahkan digunakan untuk mempercepat informasi sehingga kita yang ada di Polres bisa segera membantu rekan-rekan yang ada di TPS,” tutup Kapolres.

Comments

comments