Kapolres Bojonegoro Hadiri Peresmian Program Pengembangan Biogas di Kecamatan Gayam

0

Bojonegoro – Program Pengembangan Biogas sebagai Gerakan Rintisan Energi Terbarukan di Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Selasa (15/5/2018) diresmikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya W. Yudha.

Dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya W. Yudha, saat ini Indonesia masih mengimpor Liquified Petroleum Gas (LPG). Disampaikan oleh beliau bahwa pada tahun 2017, Indonesia mengimpor 5 juta ton LPG dari beberapa negara, dan ketergantungan itu menurutnya tidak menguntungkan.

“Kita harus mengupayakan energi alternatif seperti biogas ini,” ungkapnya.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 134 rumah pengguna biogas di Kecamatan Gayam. Jumlah itu dianggap Satya cukup menggembirakan.

Pada peresmian Program Pengembangan Biogas sebagai Gerakan Rintisan Energi Terbarukan, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli dan sejumlah pejabat daerah juga nampak hadir.

Menurut Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli saat diajak bersama tamu undangan yang lain melihat biogas di sebuah rumah warga, apa yang telah dilakukan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sangat membantu warga, beliau juga mengapresiasi usaha ExxonMobil.

“Menurut saya ini sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat,” kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli.

Penjabat Bupati Bojonegoro melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nurul Azizah pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang telah membantu warga sekitar. Pencapaian jumlah pengguna biogas menurutnya patut dipertahankan. “Dari aspek lingkungan, ini bagus,” ujarnya.

Pada peresmian Program Pengembangan Biogas sebagai Gerakan Rintisan Energi Terbarukan, ExxonMobil juga memberikan penghargaan kepada para perintis energi terbarukan. Mereka adalah Kepala Desa Gayam, Winto dan warganya Sukoco, serta Kepala Desa Glodok, Sudjianto dengan warganya Adi Subandi. Mereka dianggap telah berhasil mengembangkan biogas menjadi lebih bernilai ekonomi.

Sementara itu, dari informasi yang kami dapatkan, selain di Bojonegoro, ExxonMobil juga mengembangkan biogas di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Total di dua kabupaten ini, ExxonMobil telah membangun 176 reaktor biogas.

Comments

comments

Share.

About Author

1