Sen. Sep 20th, 2021

Karang Taruna Ngraho Panen Padi Organik

Gayam – Karang Taruna “Pemuda Sakti” Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, melakukan panen raya Padi Organik di lahan pertanian desa setempat, Kamis (12/11) pagi.

Dalam panen raya itu, dihadiri Camat Gayam Hartono, Kepala Desa Ngraho Samat, Perangkat Desa Ngraho, Bhabinkamtibmas Ngraho Brigadir Setiawan, Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gayam, perwakilan masyarakat, dan anggota karang taruna setempat.

Camat Hartono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan panen raya Padi Organik. Karena, kata Camat, penanaman organik ini dapat meningkatkan fungsi tanah sebagai media tumbuh dan sumber nutrisi tanaman, sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Juga sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap lingkungan sekitar,” ujar Hartono.

Camat menuturkan, dengan dipromotori pemuda, penanaman Padi Organik ini bisa dijadikan percontohan serta pembelajaran bagi masyarakat desa lain di Kecamatan Gayam, khususnya masyarakat dan Karang Taruna Desa Ngraho.

“Ini merupakan inisiasi yang sangat bagus, saya mendukungnya, terus lanjutkan,” tuturnya.

Melihat hasil panen Padi Organik Karang Taruna Ngraho, Mantan Camat Purwosari itu akan berkoordinasi dengan pihak ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), untuk membeli Padi Organik tersebut. Apalagi, kata dia, EMCL maupun kontraktor pemenang tender masa produksi Blok Cepu sangat membutuhkan suplai beras yang memang bebas dari pestisida kimia.

“Paling tidak mereka berkenan membeli beras organik dari karang taruna. Saya harap mereka membelinya,” harapnya.

Di sisi lain, Hartono menyarankan EMCL memberikan pelatihan serta pembinaan kepada para pemuda Desa Ngraho, terkait penanaman Padi Organik yang kini sedang dikembangkan. Dengan begitu, menurut Camat, pengembangan Padi Organik Karang Taruna Ngraho akan lebih maksimal.

“Saya yakin, kalau hal itu dilakukan pihak EMCL, manfaat dari kegiatan ini akan menjadi sangat luar biasa. Berawal dari sini, mungkin Padi Organik ini bisa dijadikan objek studi banding ke desa lain maupun luar daerah,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ngraho Samat, juga mengapresiasi kegiatan panen raya padi organik karang taruna. Menurut dia, ini merupakan gebrakan positif pemuda karang taruna di bidang pertanian, khususnya pada tanaman Padi Organik.

“Sebab itu, kami selaku pemerintah desa setempat sangat mendukung kegiatan itu,” ujar pria yang akrab disapa Bang Shomad ini.

Sementara itu, Dasuki, selaku pengurus bidang Kementerian Pertanian Karang Taruna Pemuda Sakti Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, mengatakan, hasil usaha tersebut akan dimasukan kas karang taruna untuk menunjang berbagai kegiatan.

“Termasuk untuk usaha ekonomi produktif mandiri dan sosial,” ujar Alumni Universitas Islam Attahiriyah Jakarta ini. (humas)

Comments

comments