Kecamatan Kedewan Deklarasikan Pemilu 2019 Damai

0

Bojonegoro – Setelah Kecamatan Kalitidu mendeklarasikan pelaksanaan Pemilu damai 2019, giliran di Kecamatan Kedewan mendeklarasikan pelaksanaan Pemilu damai Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada hari Senin (15/10/2018) siang kemarin 15.00 WIB di Pendopo Kecamatan Kedewan.

Dalam acara deklarasi tersebut, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, SIK., MH., M.Si hadir bersama Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto, S.Sos. selain dihadiri Kapolres dan Dandim, acara diikuti oleh Forpimka Kecamatan Kedewan, Ketua PPK dan Panwascam, PPL dan PPS, Ketua Partai se-Kecamatan Kedewan dan Caleg masing-masing partai se-Kecamatan Kedewan.

Camat Kedewan Edy Subroto, SH saat membuka acara dihadapan Kapolres Bojonegoro dan Dandim 0813 Bojonegoro yang hadir mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Kedewan ingin mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk, sehingga memerlukan arahan dari Kapolres dan Dandim.

“Komitmen itu akan diwujudkan dalam bentuk deklarasi bersama yang saat ini dilaksanakan pada hari ini juga”, ucap Camat Kedewan.

Usai sambutan Camat Kedewan, Kapolres yang juga hadir memberikan arahan yaitu kegiatan ini adalah pembinaan tiga pilar kamtinmas dalam mewujudkan situasi yang aman dan kondusif jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Time line pelaksanaan Pemilu setelah dihitung mundur kurang dari 183 hari lagi.

“Mewakili Forkopimda, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Kedewan yang telah melaksanakan Pilkada Bojonegoro 2018 yang lalu berjalan sangat tertib”, ucap Kapolres.

Semua petugas keamanan mulai dari Polri, TNI, Linmas dan penyelenggara Pilkada telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Jumlah TPS dalam Pemilu 2019 akan naik lebih dari 100 persen sedangkan dengan jumlah personil Polri dan TNI yang ada tetap, namun hal tersebut tidak menjadi masalah jika hal tersebut dikelola dengan baik.

“Tugas kita pada tanggal 19 April 2019 akan berat, karena pemilu 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya karena akan ada 5 kartu suara, maka diperlukan sosialisasi yang matang”, tutur Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ada bisa mengantisipasi adanya penyebaran berita Hoax serta berita yang mengandung konten provokasi dan ujaran kebencian.

Sebagai masyarakat yang kesehariannya menggunaka media sosial sebagai sarana bersosialisasi, Kapolres mengajak agar cerdas dalam memilih, melihat dan membaca berita yang masuk kepada kita semua.

“Saat ini medsos tidak hanya sebagai sarana bersosialisasi, namun juga sebagai sarana pencari informasi. Untuk itu gunakan Messos dengan bijak dan positif”, hinbau Kapolres.

Untuk mengantisipasi penyebaran paham radikalisme, Kapolres juga berpesan agar masyarakat memahami lingkungan sekitar terhadap warga baru yang masuk dengan mengaktifkan kembali budaya wajib lapor kepada warga baru yang menginap dilingkungan kita lebih dari 1×24 jam kepada RT dan RW setempat serta mengaktifkan kembali poskamling.

“Pesta demokrasi saat ini bisa ditumpangi oleh Kelompok-kelompok tersebut untuk mengembangkan organisasinya, mari kita jaga bersama wilayah Kedewan yang sudah aman dan damai ini”, pesan Kapolres.

Dandim 0813 Bojonegoro dalam arahannya mengajak seluruh warga di Kecamatan Kedewan untuk bersama-sama mendukung Bupati dan Wakil Bojonegoro terpilih, sehingga pembangunan di Bojonegoro bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, Dandim juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, karena Bangsa Indonesia yang hanya memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan Kemerdekaan, dan pada saat itu belum ada Tentara dan Polisi yang ada hanya pejuang yang berjuang untuk Nusantara dan kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi bangsa Indonesia dan ditambah dengan sumpah pemuda satu Bangsa, Bahasa, satu Tanah Air.

“Bangsa kita adalah bangsa petarung yang memiliki ciri khas senjata masing2 dan kita bisa bersatu”, ajak Dandim.

Usai sambutan Camat, dan arahan Kapolres dan Dandim, acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Pemilu Damai 2019 oleh PPK Kecamatan Kedewan dan penandatangan Dekkarasi pemilu damai di ikuti undangan.

Comments

comments

Share.

About Author

1