Kam. Okt 28th, 2021

Kejar Target 60 Persen Vaksinasi Lansia di Sidoarjo dalam Seminggu

Warga lanjut usia (lansia) yang tergolong rentan menurun imunitasnya di tengah masa pandemi, terus menjadi perhatian khusus untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Karena itu pemerintah bersama TNI-Polri terus memasifkan vaksinasi bagi lansia.

Di Kabupaten Sidoarjo akselerasi vaksinasi kini terus menyasar lansia. Mengingat data capaian vaksinasi lansia dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo 47 persen. Masih kurang 13 persen untuk mencapai target 60 persen vaksinasi bagi lansia.

Untuk mempercepat terbentuknya herd immunity bagi warga lansia tersebut, Kamis (14/10/2021) bertempat di Rumah Joglo, Desa Jedongcangkring, Prambon, Sidoarjo, sebanyak 500 lansia disuntik vaksin Covid-19, bersamaan dengan 500 orang disabilitas, pelajar dan masyarakat umum.

Hadir memantau jalannya vaksinasi bagi lansia, disabilitas, pelajar dan masyarakat umum di Prambon, Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dan Forkopimka Prambon. Pada kesempatan ini pula, juga dilakukan pembagian bansos, serta vaksinasi door to door ke rumah warga lansia yang tidak mampu dibawa ke lokasi vaksinasi.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, mengapresiasi semangat para lansia untuk berkenan disuntik vaksin. Ini merupakan ikhtiar bersama, dari Pemkab Sidoarjo, TNI-Polri, dan para stake holder dalam penanganan Covid-19. Termasuk upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

“Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama wilayah kita sudah mencapai 70,33 persen. Sementara vaksinasi bagi lansia masih kurang sekitar 13 persen untuk mencapai target 60 persen vaksinasi dosis pertama bagi lansia,” jelas Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Ia optimis dalam seminggu ini, target vaksinasi bagi lansia dapat tercapai. Melalui langkah akselerasi vaksinasi menyasar ke pelosok desa. “Seperti hari ini kita lakukan vaksinasi bagi lansia dan disabilitas di Desa Jedongcangkring, Prambon,” imbuhnya.

Sementara itu keterlibatan TNI, Polri bersama bidan desa juga akan lebih dimasifkan guna menggerakan vaksinasi bagi lansia di desa-desa. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kendaraan vaksinasi keliling yang akan dimotori Bhabinkamtibmas, Babinsa dan bidan desa untuk melakukan vaksinasi ke desa-desa.

“Kita masifkan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa dan bidan desa untuk mendukung percepatan vaksinasi di desa, khususnya bagi para lansia. Termasuk nanti akan disedikan kendaraan vaksinasi keliling, sehingga masyarakat di desa akan mudah terlayani mendapatkan vaksinasi,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Adanya vaksinasi door to door bagi lansia ini, dirasakan manfaatnya para lansia. Seperti diutarakan Mujiah, 70 tahun, warga Desa Jedongcangkring, Prambon, Sidoarjo. Ia yang tinggal sendirian di rumahnya merasa kaget kedatangan Bupati Sidoarjo dan Kapolresta Sidoarjo, lalu mengajaknya untuk disuntik vaksin Covid-19 oleh tenaga kesehatan.

“Alhamdulillah, meskipun sempat kaget didatangi Pak Bupati dan Pak Kapolres, saya akhirnya mendapatkan suntikan vaksin dan dapat bantuan sosial. Semoga sehat diri saya dan semuanya,” ungkapnya.

Comments

comments