Rab. Agu 4th, 2021

Kerugian Capai Rp 80 Juta, Sebuah Gudang Oven Tembakau Milik Warga Ngasem Bojonegoro Terbakar

Bojonegoro – Gudang oven (pengeringan) tembakau, milik Ali Mulyono (45), warga Dusun Ngulan Desa Ngadiluwih RT 003 RW 001 Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu (01/09/2018) sekira pukul 13.00 WIB siang tadi, terbakar.

Saat pertistiwa tersebut terjadi, 2 (dua) unit bangunan gudang oven yang terbakar tersebut dalam kondisi sedang dioperasikan untuk mengeringkan daun tembakau, sejumlah kurang lebih 10 ton.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun korban diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 80 juta. Semnetara penyebab kebakaran atau sumber api, diduga berasal dari daun tembakau yang berada di atas perapian terjatuh sehingga api membesar dan membakar daun tembakau yang ada di dalam oven tersebut.

Menurut keterangan Kapolsek Ngasem, AKP Dumas Barutu SH, yang dikutip dari keterangan saksi -saksi, bahwa kronologi kebakaran tersebut bermula bahwa sebelumnya, oven tersebut sedang dioperasikan untuk mengeringkan daun tembakau. Saat itu, adik korban atau saksi Ali Mujianto (35) sedang melakukan pengasapan tembakau di gudang oven milik korban

“Saat itu saksi mengetahui ada tembakau yang ada di dalam oven ada yang jatuh di perapian sehingga api naik keatas dan membakar tembakau yang lain,” terang Kapolsek yang dikutip dari keterangan saksi.

Mengetahui kejadian tersebut saksi segera meminta bantuan pada warga sekitar dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran guna membantu melakukan pemadaman serta melaporkan peristiwa tersebut pada Polsek Ngasem.

“Saat petugas datang, api telah membakar tembakau yang berada di dalam oven,” imbuh Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, tidak lama berselang datang 3 (tiga) unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api.

“Setelah dilakukan penyemprotan, akhirnya api berhasil dipadamkan,” lanjut Kapolsek.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut namun daun tembakau milik korban yang berada di dalam oven, sejumlah kurang lebih 10 ton, ludes terbakar.

“Korban diperkirakan mengalami kerugian sebesar 80 juta rupiah,” pungkas Kapolsek.

Secara terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno SSos, kepada awak media ini menerangkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Pos Bantu Ngambon mendapat laporan sekira pukul 13.15 WIB dan petugas sampai di lokasi kejadian pukul 13.30 WIB.

Selanjutnya, Dinas Pemadam Kebakaran Pos Bantu Ngabon mengirimkan 2 (dua ) unit mobil pemadam kebakaran ditambah dari Pos Bojonegoro Kota mengirimkan 1 (satu) unit mobil pemadam kebakaran, berikut 12 orang personel.

“Api baru benar-benar dapat dipadamkan sekira pukul 14.30 WIB,” terang Sukirno.

Comments

comments