KPUD Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilukada Bojonegoro

0

Bojonegoro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro pada Minggu (18/02/2018) pukul 07.00 WIB pagi, bertempat di Taman Rajekwesi di Jalan Rajekwesi Bojonegoro laksanakan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018.

Hadir dalam acara tersebut 4 (empat) pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, yang akan mengikuti pemilukada tahun 2018 Kabupaten Bojonegoro, yaitu pasangan nomor urut 1, Drs H Soehadi Moeljono MM – Hj Mitroatin SPd; pasangan nomor urut 2, Dra Hj Mahfudhoh MSi – Drs H Kuswiyanto MSi; pasangan nomor urut 3, DR Hj Anna Muawanah – Drs H Budi Irawanto MPd dan pasangan nomor urut 4, Drs H Basuki MPd.I – Pudji Dewanto SH MM.

Selain keempat pasangan calon bupati dan wakit bupati, turut hadir Bupati Bojonegoro DR H Suyoto MSi, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK MSi, Dandim 0813 Bojonegoro di wakili Kasdim Mayor Inf Widodo, Ketua DPRD Bojonegoro di wakili Wakil Ketua Sukur Priyanto SE, Ketua KPU Bojonegoro M. Abdim Munib SH MH beserta sejumlah Komisioner KPU dan sekretaris KPU Kabupaten Bojonegoro, Ketua Panwaslu Kabupaten Bojonegoro, M Yasin beserta sejumlah Komisioner Panwaslu dan sekretaris Panwaslu Kabupaten Bojonegoro dan sejumlah tamu undangan kurang lebih 200 orang, dari tim Kampanye masing-masing paslon, perwakilan Parpol pengusung paslon, pendukung paslon, tokoh masyarakat, awak media.

Ketua KPU Bojonegoro, M Abdim Munib SH MH, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Forkopimda, Paslon, Tim Pemenangan, Partai Pengusul, ormas dan masyarakat Bojonegoro.

Munib menyampaikan, bahwa sesuai tahapan yang ada, kampanye pemilukada dilaksanakan mulai tanggal 15 Pebruari 2018 hingga 23 Juni 2018. Diselenggarakan serentak mulai tingkat daerah, kota dan kabupaten.

“Agar semua pasangan mampu melaksanakan integritas sesuai undang-undang yang telah ditetapkan. Dalam berkampanye, mari hindari berita hoax, isu sara dan anti politik uang.” pesan Munib.

Munib juga berpesan, bahwa paslon yang sudah ditetapkan KPU Bojonegoro, saat ini akan menjadi tokoh sentral dan menjadi sorotan masyarakat. Munib juga berharap agar seemua pasangan calon bupati dan wakil bupati, harus siap lahir batin, dengan diwujudkan dalam Deklarasi Damai penyelenggaraan pilkada yang berintegritas dan bermartabat ini. Pemerintah juga bagian dari dalam bentuk integritas ini yakni dengan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya politik.

“Hari ini hari yang bersejarah, bisa menyelenggarakan Deklarasi Damai yang dilaksanakan secara serentak, demi terciptanya pilbup berintegritas dan bermartabat,” tutur Munib.

Sementara itu, Ketua Panwaskab Bojonegoro M. Yasin, dalam sambutannya juga berharap agar dalam pelaksanaan Pilkada di Bojonegoro dapat berlangsung “fress and cool”.

“Demokrasi itu indah, siklus kepemimpinan itu biasa dan manfaatkan kampanye dengan riang gembira jangan ada saling mengejek dan unsur sara dan transfer kepada masyarakat.” tutur M Yasin dalam sambutannya.

Lebih lanjut M Yasin juga berharap agar semua pihak berkomitmen menciptakan pemilukada Bojonegoro yang berintegritas, damai, kampanye anti hoax, kampanye anti sara dan kampanye anti politik uang
“Agar semua pihak berkomitmen menciptakan pemilukada Bojonegoro yang kondusif,” harapnya

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro SH SIK MSi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan momen yang bersejarah, dimana Kapolres bersama Dandim bersinergi untuk mensukseskan pemilukada berintegritas dan bermartabat.

“Berkat kerjasama kita semua hingga bisa menyelenggarakan deklarasi ini. Harapannya deklarasi damai pada pagi hari ini bisa menjadi pilar dan contoh bagi kabupaten lain.” tutur AKBP Wahyu.

Dalam giat tersebut Kapolres Bojonegoro juga menyerahkan secara simbolis, pengawal pribadi kepada KPU Bojonegoro, Panwas Bojonegoro dan masing-masing Pasangan Calon.

“Ada 56 pengawal pribadi yang sudah dibagi pada paslon, KPU dan Panwaslu.” jelas Kapolres.

Acara tersebut ditutup dengan pengucapan naskah deklarasi damai oleh Ketua KPU Bojonegoro diikuti masing-masing Pasangan Calon, penanda-tanganan naskah deklarasi oleh masing-masing pasangan calon, penanda-tanganan naskah deklarasi oleh perwakilan masyarakat Bojonegoro, pelepasan burung merpati oleh KPU Bojonegoro, Panwaskab Bojonegoro dan masing-masing pasangan calon serta pelepasan balon udara dilakukan bersama-sama Forkopimda, KPU, Panwasludan paslon.

Comments

comments

Share.

About Author

1