Sel. Jan 19th, 2021

MAKLUMAT KAPOLRI

MAKLUMAT KAPOLRI

Berikut ini disampaikan kutipan dari Maklumat Kapolri, tertanggal 24 Agustus 2015, terkaitLarangan Melakukan Penimbunan atau Penyimpanan Pangan dan Barang Kebutuhan Pokok.

MAKLUMAT

KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
Nomor : Mak/01/VIII/2015

Tentang

LARANGAN MELAKUKAN PENIMBUNAN ATAU PENYIMPANAN PANGAN DAN BARANG KEBUTUHAN POKOK

Dalam upaya menjamin ketersediaan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling utama serta untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan bagi masyarakat, dengan ini Kapolri menyampaikan Maklumat sebagai berikut:

  1. Pemerintah berkewajiban mewujudkan ketersediaan, kerjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangn untuk masyarakat yang cukup aman, bermutu dan bergizi seimbang.
  2. Dalam praktek sering terjadi keresahan masyarakat yang diakibatkan oleh kelangkaan atau gejolak kenaikan harga pangan.
  3. Kepada para pelaku usaha dilarang :
    1. Dengan sengaja menimbun atau menyimpan melebihi jumlah maksimal yang diperbolehkan atau diluar batas kewajaran, dengan maksud untuk memperoleh keuntungan sehingga mengakibatkan harga pangan pokok menjadi mahal atau melambung tinggi.
    2. Menyimpan barang kebutuhan pokok dan/atau barang penting dalam jumlah atau waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga dan/atau hambatan lalu lintas perdagangan.
  4. Apabila ada pelaku usaha yang melakukan sebagaimana nomor 3, akan dilakukan tindakan tegas karena itu perbuatan pidana (kriminal) dan akan dikenakan pelanggaran pidana pasal 133 Undang-undang Nomor : 18 tahun 2012 tentang Pangan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun atau demda paling banyak Rp. 100 milyar dan pasal 107 Undang-undang Nomor : 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 50 milyar.

Demikian Maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh pelaku usaha, agar tercipta usaha yang sehat dan tidak terjadi keresahan masyarakat.

Dikeluarkan di : Jakarta

Pada tanggal : 24 Agustus 2015

KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
ditanda-tangani oleh
Drs. BADRODIN HAITI
JENDERAL POLISI

Comments

comments