Sen. Mar 8th, 2021

Menteri Khofifah: Raskin itu Harus Beras Baru

Kota – Menteri Sosial Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi merasa prihatin dengan mutu beras untuk keluarga miskin (raskin) yang belakangan kualitasnya jelek. Padahal mestinya, kalau raskin itu dari gudang Bulog, kualitasnya sekelas beras baru.

“Masa beras di NTT lebih fresh daripada di Jawa. Kemungkinan yang terjadi di Jawa itu beras mumet. Artinya, bagaimana bisa beras stok lama, yang baru masuk Bulog. Karena itu kualitasnya jelek,” ungkap Menteri Sosial Khofifah kepada Bupati Bojonegoro Suyoto saat diterima di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (5/9).

Khofifah menyarankan, untuk melakukan pengecekan terhadap pendistribusian beras. Agar beras yang masuk ke Bulog benar-benar beras baru panen. Terkait itu, dia juga menyampaikan bahwa siang nanti rencananya akan mampir melihat gudang Bulog di Kecamatan Kalitidu. Sebab penanganan Raskin berada di bawah Kementerian Sosial.

“Tidak ada itu istilah beras Raskin, karena semuanya kualitas medium. Sekarang diganti Program Rastra, yakni beras untuk keluarga sejahtera, jadi lebih manusiawi daripada Raskin. Dan, itu beras baru, agar lebih manusiawi pula ketika dikonsumsi,” tegas Ketua Pengurus Pusat (PP) Muslimat NU itu.

Tidak lupa dilaporkan, Menteri Sosial Khofifah tiba di Rumah Dinas Bupati Bojonegoro pada Sabtu pagi sekira pukul 10.30 WIB. Dia disambut langsung Bupati Suyoto beserta istri, Mahfudoh Suyoto, dan sejumlah jamaah NU.

Rencananya, usai melantik Pengurus Cabang Muslimat NU Bojonegoro di Pendopo Malowopati Bojonegoro, Mensos Khofifah akan melihat gudang Bulog di Kecamatan Kalitidu. Selanjutnya, Mensos juga akan mengunjungi Panti Asuhan di Kecamatan Baureno. (hms)

*) Foto Menteri Khofifah disambut bupati

Comments

comments