Sel. Sep 17th, 2019

Motor Warga Sumberrejo Bojonegoro Diserempet Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Bojonegoro – Peristiwa kecelakaan antara kereta api kontra sepeda motor, terjadi pada Rabu (02/01/2019) sekira pukul 11.35 WIB siang tadi, di perlintasan tanpa palang pintu di kilometer 138+200, turut wilayah Dusun Prembugan Desa Pekuwon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro.

Sepeda motor yang hendak melintasi rel kereta api tersebut, diserempet kereta api barang, yang melaju dari arah timur ke barat. Beruntung, pengendara motor tersebut selamat karena berhasil melompat sebelun motornya diserempet kereta api, namun sepeda motornya terpental hingga sejauh 10 meter, sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Korban diketahui bernama Masharianto (39), warga Desa Ngampal RT 003 RW RW 001 Kecamatan Sumberrejo, yang mengendarai sepeda motor Honda Grand yang dimodifikasi nomor polisi S 5572 DB, warna pink. Sedangkan yang menyerempet, kereta api barang nomor 2709, nomor locco CC2061310, jurusan Surabaya Jakarta, dengan masinis Rohman (27), dan asisten masinis Yoga (23), keduanya tinggal di Depo Pasar Turi Surabaya.

Kapolsek Sumberrejo, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Imam Kanafi SH, kepada awak media ini menuturkan bahwa kronologi kejadian tesebut bermula pada Rabu (02/01/ 2019) sekira pukul 11.30 WIB, korban Masharianto bermaksud pulang menuju rumahnya, dengan melewati jalan desa di Dusun Prembugan Desa Pekuwon Kecamatan Sumberrejo, dari arah utara menuju selatan.

Sesampainya di lokasi kejadian, korban hendak menyeberang rel kereta api double track, tanpa palang pintu, namun ketika akan melintas korban menoleh ke kiri atau arah timur, ternyata dari arah timur, di jalur utara double track, ada kereta api barang yang akan melintas, dengan jarak sekitar 10 meter.

“Karena gugup korban melepaskan sepeda motor yang dikemudian korban melompat dan berlari ke arah utara menjauhi rel kereta api dan meninggalkan sepeda motornya,” kata Kapolsek.

Setelah itu, sepeda motornya yang dilepaskan tersebut terserempet kereta api hingga terpental sejauh 10 meter di sebelah utara rel kereta api.

“Korban selamat tidak mengalami luka-luka, namun sepeda motornya mengalami rusak berat,” kata Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, setelah terjadi tabrakan, kereta api tersebut berhenti untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas Polsek Sumberrejo bersama – sama petugas dari Stasiun Kereta Api Sumberrejo, pada locco dan rangkaian gerbong kereta api tersebut dipastikan tidak ada kerusakan.

“Kemudian kereta api barang tersebut kembali melanjutkan perjalanan dengan tujuan Jakarta.” tutur Kapolsek menambahkan.

Menyikapi peristiwa tersebut, melalui media ini Kapolsek mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati saat hendak melintasi perlintasan rel kereta api, utamanya di perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu.

“Sebaiknya berhenti sebelum melintas, perhatikan jalur kereta dari arah kanan dan kiri serta pastikan tidak ada kereta api yang hendak melintas,” tuturnya berpesan.

Comments

comments