Sab. Okt 1st, 2022

Musibah Kebakaran di Musim Kemarau Rumah Janda Ludes Diamuk Si Jago Merah

 

Bojonegoro – Untuk kesekian kalinya, musibah kebakaran kembali meludeskan sebuah rumah. Pagi ini (27/08) sekitar pukul 06.00 WIB, kebakaran meludeskan rumah Siti Rukasih, (50 tahun), janda yang bertempat tinggal di RT 05 RW 01, Dusun Besuki Desa Kedungbondo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.

Menurut informasi yang diperoleh BBC (beritabojonegoro.com) yang bersumber dari Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Sukirno, kebakaran ini menghanguskan seluruh bangunan rumah milik korban yang berdinding kayu. Diperkirakan jumlah kerugian mencapai Rp 75 juta. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Menurut Sukirno, kebakaran terjadi sekitar pukul O6.29 WIB dan petugas menerima laporan pukul 06.45 WIB. Petugas sampai di lokasi pukul 07.00 WIB dan langsung berusaha memadamkan jilatan api. Si jago merah dapat dipadamkan pada pukul 08.15 WIB dengan mengerahkan 2 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit mobil suply air, namun sayang rumah korban sudah luluh lantak.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib, namun menurut keterangan korban, diduga kuat dari hubungan arus pendek (korsleting) listrik, dikarenakan pada saat kejadian di rumah korban belum ada aktivitas menyalakan api.

Informasi lain yang diperoleh BBC menyebutkan, pada malam hari kemarin (26/08) juga dilaporkan ada dua peristiwa kebakaran yang menimpa kebun tebu di Desa Bonorejo dan Desa Sonorejo, keduanya berada di Wilayah Kecamatan Padangan. Laporan kejadian dan jumlah kerugian masih dalam proses penghitungan.

Musibah kebakaran rawan terjadi selama musim kemarau panjang ini. Cuaca yang panas dan banyaknya material yang mudah terbakar memicu banyaknya kejadian kebakaran. Penyebab kebakaran yang paling banyak yaitu adanya hubungan arus pendek listrik, membuang puntung rokok sembarangan yang masih menyala, pembakaran sampah yang tidak diawasi, dan tungku perapian di dapur yang masih menyala namun ditinggalkan pergi oleh pemiliknya. (bgs/humas)

Comments

comments