Sab. Agu 24th, 2019

Musibah Kebakaran Hanguskan Kandang Berikut 26 Ekor Kambing Milik Warga Sukosewu Bojonegoro

Bojonegoro – Kebakaran hebat menghanguskan bangunan rumah yang difungsikan sebagai kandang kambing, milik Ahmad Badar (53) warga Dusun Tlapak Desa Sitiaji RT 021 RW 002 Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (23/08/2018) sekira pukul 13.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun 26 ekor kambing dengan milik korban, hangus terpanggang api dan korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 60 juta rupiah.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran atau sumber api. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelikdikan petugas dari Inafis Sat Reskrim Polres Bojonegoro bersama anggota Polsek Sukosewu.

Menurut Keterangan Pejabat Sementara (Pjs) Kapolsek Sukosewu, AKP H Nugroho Basuki SH, yang dikutip dari keterangan saksi-saksi bahwa kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula pada Rabu (23/08/2018) sekira pukul 13.00 WIB, saksi Gunadi (52), tetangga korban saat itu hendak pergi ke sawah dan mengetahui rumah kandang kambing milik korban telah terbakar.

“Kobaran api pada saat itu membakar rumah kandang kambing di bagian sisi timur,” jelas AKP H Nugroho Basuki.

Mengetahui atas hal tersebut, saksi Gunadi segera kembali dan memberitahukan perihal kebakaran tersebut kepada warga sekitar, sambil mencari pemilik rumah atau korban.

Selanjutnya, warga sekitar segera menuju ke lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api, sambil meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, serta melaporkan peristiwa tersebut pada perangkat desa setempat dan diteruskan ke Polsek Sukosewu.

“Namun karena angin cukup kencang dan karena menggunakan peralatan seadanya serta air yang tidak memadahi, sehingga kobaran api semakin membesar,” lanjut Pj Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, selain membakar rumah kandang milik korban, api kemudia menjalar ke lahan kebun jati milik Mursidan dan milik Ton, keduanya warga Desa Balongrejo Kecamatan Sugihwaras.

“Kandang tersebut lokasinya berada pinggir kebun jati. Dan setelah membakar rumah kandang tersebut, api menjalar dan membakar daun kering serta tanaman yang berada di kebun jati tersebut,” imbuh AKP H Nugroho Basuki.

AKP H Nugroho Basuki menuturkan, dari hasil oleh TKP, rumah tersebut berukuran 5 meter kali 12 meter, berjumlah 2 lokal yang terbuat dari kayu jati dan kandang tersebut berisi 26 ekor kambing dengan umur yang bervariasi.

“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun seluruh bangunan kandang berikut kambing milik korban hangus terbakar. Korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 60 juta rupiah,” lanjut AKP H Nugroho Basuki.

Sementara, dari hasil pemeriksaan atau identifikasi yang dilakukan oleh tim Inafis dari Polres Bojonegoro bersama anggota Polsek Sukosewu, belum diketahu secara pasti asal sumber apai.

“Dugaan sementara api berasal dari dalam rumah kandang kambing tersebut namun sumber api tersebut masih dalam penyelidikan.” terang AKP H Nugroho Basuki.

Secara terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, bahwa kebakaran diperkirakan terjadi pukul 13.00 WIB dan pihaknya menerima laporan laporan pada pukul 14.40 WIB.

Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro segera mengirimkan 2 (unit) unit mobil pemadam kebakaran dengan kekuatan 8 personel dan petugas sampai di lokasi kejadian sekira pukul 15.10 WIB dan kondisi rumah sudah hangus terbakar. Api benar-benar dapat dipadamkan sekira pukul 16.30 WIB.

“Selain ada keterlambatan laporan, kendala yang dihadapi petugas adalah akses jalan menuju lokasi terhalang portal, jalan bergelombang dan sempit ditambah rumah berisi banyak jerami kering dan tiupan angin yang memicu cepatnya perambatan api,” terang Sukirno.

Comments

comments