Sel. Jan 19th, 2021

Negatif HIV, PSK Sudah Dipulangkan

Kota – Sejak 8 Juni 2015, lokalisasi Tanjung Elmo Kampung Asai Kecil, Distrik Sentani Timur, telah ditutup. Data yang dilansir oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro menyebut lokalisasi tersebut dihuni 282 PSK, yang menghuni 25 wisma. Sebanyak 277 PSK dari 282 PSK tersebut berasal dari Provinsi Jawa Timur, dan 23 diantaranya berasal dari Kabupaten Bojonegoro.

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura mengirim surat pada Disnakertransos bahwa ke-23 PSK dari Kota Ledre akan dipulangkan. Namun saat penjemputan, Rabu (26/8/2015), dari 23 PSK hanya tiga orang yang ikut pulang bersama rombongan Disnakertransos Bojonegoro dari Surabaya. Selebihnya dijemput oleh keluarga masing-masing.

Para PSK yang ikut pulang itu antara lain SI dari Desa Katur, Kecamatan Gayam, SU (45) dan SA (54) asal Desa Tambak Romo, Kecamatan Malo.

“Saat ini mereka sudah pulang ke rumah masing-masing,” terang Kepala Disnakertransos Bojonegoro, Adie Witjaksono, ketika ditemui¬†beritabojonegoro.com¬†(BBC).

Adie menambahkan bahwa saat ini mereka belum butuh tempat pembinaan. Uang sebesar Rp 10 juta juga sudah diberikan sebagai modal usaha, untuk memulai hidup yang baru. Selain itu, sebelum pulang, semua eks PSK juga sudah melakukan tes kesehatan. Hasil tes kesehatan mereka menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda terjangkit HIV.

Comments

comments