Sen. Sep 20th, 2021

Polisi Tegas, Penambangan Ilegal pun Sepi

Kanor – Aktivitas penambangan pasir yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Bojonegoro nampak lengang kondisinya. Sepinya penambang pasir itu disinyalir setelah adanya tindakan tegas dari kepolisian setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Gedongarum Sukirman. Dia mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada penambang pasir di desanya. Pasalnya Desa Gedongarum ini sering dijadikan objek operasi pihak kepolisian.

“Beberapa waktu lalu, di desa sini itu sering dioperasi pihak kepolisian. Dan penambang pasir mekanik dari desa ini telah ditangkap oleh polisi. Setelah itu, penambang pasir di sini sudah tidak beroperasi lagi,” ujarnya.

Dia menambahkan, di bantaran sungai Bengawan Solo di Desa Gedongarum ini, masih ada beberapa penambang pasir dengan cara manual. Dia mengaku penambang pasir itu bukan dari desanya melainkan dari Tuban. Kebanyakan dari mereka, menjadikan menambang pasir hanya sebagai pekerjaan sampingan.

“Para penambang di sini itu mayoritas petani. Jadi menambang pasir itu hanya sebagai pekerjaan sampingan,” terang pria berkumis itu.

Pria tiga anak ini berharap, penambang-penambang pasir mekanik segera ditertibkan. Sebab dapat merusak lingkungan. Pihaknya juga mengaku bahwa telah memberikan sosialisasi atau melarang warga menambang pasir dengan mesin atau mekanik. (humas)

Comments

comments