Sen. Sep 27th, 2021

Primkoppol Polres Bojonegoro Gelar RAT dan Pemilihan Pengurus Baru

Bojonegoro – Primer Koperasi Kepolisan Republik Indonesia Polres Bojonegoro atau Primkoppol Pores Bojonegoro, pada Kamis (23/01/2020) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang sekaligus dirangkai dengan pemilihan pengurus baru, masa bakti 2020-2024.

Usai pelaksanaan RAT dan pemilihan pengurus baru tersebut juga dilaksanakan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dan simpanan khusus anggota, yang jumlahnya mencapai Rp 3,2 miliar.

Rapat yang digelar di gedung ruang rapat utama (rupatama) Polres Bojonegoro tersebut dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, selaku Pembina Primkoppol Pores Bojonegoro; Ketua Primkoppol Polres Bojonegoro, Kompol Roro Sri Harwati, yang juga selaku Kabag Sumda Polres Bojonegoro; Pejabat Utama Polres Bojonegoro; para Kapolsek jajaran Polres Bojonegoro, para pengurus dan pengawas serta para anggota Primkoppol Polres Bojonegoro.

Ketua Primkoppol Polres Bojonegoro, Kompol Roro Sri Harwati, dalam laporannyya menyampaikan bahwa saat ini Primkoppol Polres Bojonegoro memiliki anggota sebanyak 1,101 orang, terdiri dari 996 anggota polres Bojonegoro, 79 ASN Polres Bojonegoro dan 26 anggota purna.

Dari sisi permodalan, Primkoppol Polres Bojonegoro memiliki modal usaha sebesar Rp 21,9 miliar, yang terdiri dari modal sendiri sebesar Rp 14,2 miliar dan modal pinjaman sebesar Rp 7,7 miliar.

“Untuk sisa hasil usaha tahun 2019, sebesar 829 juta rupiah,” kata Kompol Roro Sri Harwati.

Kompol Roro Sri Harwati juga menampaikan bahwa untuk memberikan pelayanan kepada para anggotanya, Primkoppol Polres Bojonegoro saat ini telah menjalakan sejumlah kegiatan usahanya antara lain: usaha simpan pinjam, foto copy, toko mobil, dan yang terbaru yaitu mengembangkan usaha dengan membuka SS minimarket.

Kompol Roro Sri Harwati juga menyampaikan bahwa sejak berdiri, Primkoppol Pores Bojonegoro telah berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, baik penghargaan tingkat Kabupaten Bojonegoro maupun tingkat Provinsi Jawa Timur, serta penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

“Primkoppol Polres Bojonegoro juga telah diaudit oleh auditor independen, dan untuk tahun buku 2019, dinyatakan sehat atau tidak ditemukan adanya penyimpangan,” kata Kompol Roro Sri Harwati.

Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Kelembagaan, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bojonegoro, Drs Aspriyadi MM, mengawali sambutannya menuturkan pihaknya sangat bangga dengan perkembangan Primkoppol Polres Bojonegoro, terutama di bidang usaha dan di bidang kelembagaannya.

“Di lihat dari segi kelembagaannya, saat ini jumlah anggota yang hadir luar biasa. Ini semua berkat bimbingan baik dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan suport besar dari Bapak Kapolres Bojonegoro,” kata Drs Aspriyadi MM.

Drs Aspriyadi menyampaikan bahwa koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi di Indonesia, yang bersifat kebersaman dan gotongroyong, yang bertujuan membangun kesejahteraan secara bersama.

Menurutnya, koperasi mempunyai nilai kebangsaan yang luar biasa, mempunyai nilai kemandirian yang di bangun dari dirinya sendri.

“Jadi bapak ibu sekalian yang merupakan anggota koperasi ini ingin membangun dan menambah kesejahteraan dari diri bapak ibu sekalian. Ini salah satu nilai yang luar biasa bagi kita sebagai bangsa yang hidup di negara Pancasaila ini,” kata Drs Aspriyadi MM

Selanjutnya atas nama Dekopinda Kabupaten Bojonegoro, Drs Aspriyadi sanggat apresiasi kepada jajaran pengurus Primkoppol Polres Bojonegoro.

“Saya melihat dari laporan yang ada jumlah anggotanya lebih dari seribu, dengan jumlah modal 14 miliar rupiah dan bisa di putar sampai 20 miliar rupiah. Ini menunjukan bahwa koperasi ini sangat bagus sekali pelayanannya,” kata kata Drs Aspriyadi MM

Masih menurut kata Drs Aspriyadi berdasarkan hasil evaluasi terhadap Primkoppol Polres Bojonegoro, tidak ditemukan adanya masalah. Dengan peningkatan yang begitu besar semua laporan dsampaikan secara tarasparan.

“Kami dari Dewan Koperasi mengucapkan banyak terima kasih. Mudah mudahan ke depan Primkoppol Polres Bojonegoro menjadi lebih maju lagi.” kata Drs Aspriyadi MM

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bojonegoro, Drs Setyo Yuliono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tanda koperasi yang sehat itu adalah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di bulan-bulan awal.

“Primkoppol Polres Bojonegoro telah melaksanakan RAT di awal tahun. Ini kalau tidak sehat, RAT tidak mungkin di awal-awal seperti ini,” tutur Drs Setyo Yuliono.

Drs Setyo Yuliono juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap Primkoppol Polres Bojonegoro, yang hasilnya nyaris sempurna. Menurutnya, selain telah melaksanakan tahapan RAT, Primkoppol Polres Bojonegoro juga telah melakukan inovasi-inovasi dalam pengembangan usahanya.

“Saya berterima kasih sekali atas kegiatan dan tahapan-tahapan yang sudah dipenuhi oleh Primkoppol Polres Bojonegoro ini, selamat menjalakan RAT. Saya minta tolong bapak ibu yang punya suara, untuk perfikir bagaimana perkembangan Primkoppolres Bojonegoro selanjutnya,” kata Drs Setyo Yuliono

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan SIK MH, mengawali sambutannya sangat mengapresiasi keberadaan Primkoppol Polres Bojonegoro.

“Saya lihat memang koperasi ini sangat bagus. Saya lihat profilnya memiliki modal sendiri hingga 14 miliar rupiah.” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres juga berpesan kepada para anggota agar jangan terlalu semangat meminjam dan membeli barang-barang yang tidak penting, hingga akhirnya gajinya minus, sehingga jika gajinya minus menjadikan tidak semangat dalam bekerja.

“Saya lihat dan saya cek anggota di Bojonegoro gajinya masih banyak. Kalau bisa, kalau ambil hutang itu gajinya minimal sisa satu juta rupiah, gajinya jangan minus. Jadi sewajarnya pinjamnya.” kata Kapolres berpesan.

Kapolres juga berpesan kepada anggota agar kalau berhutang di kopersi saja, karena yang dapat membesarkan koperasi adalah para anggotanya.

“Kalau hutang di koperasi tidak apa-apa, kan nanti dapat pengembalian SHU. Tidak apa-apa pinjam di koperasi. Yang menghidupkan koperasi ya anggotanya, kalau tidak, siapa lagi. Saya berharap ke depan Primkoppol Polres Bojonegoro dapat lebih maju lagi,” kata Kapolres.

Kapolres juga sangat mengapresiasi para pengurus Primkoppol Polres Bojonegoro, karena berdasarkan hasil audit dari auditor independen, tidak ditemukan adanya penyimpangan dalam pengelolaan Primkoppol Polres Bojonegoro.

“Kita bersyukur sekali dari hasil pemeriksaan tim audit dari luar, tidak ada penyimpangan. Karena biasanya kalau orang sudah liat uang lupa semua. Awalnya pakai sedikit-sedikit akhinya ngumpul, akhirnya bingung mengembalikannya.” kata Kapolres.

Sementara itu, dari hasil pemilihan pengurus baru, Kompol Roro Sri Harwati secara aklamasi kembal terpilh menjadi Ketua Primkoppol Pores Bojonegoro, masa bakti 2020-2024. Selain itu, dalam rapat tersebut juga dipilih 2 orang pengurus baru yaitu untuk jabatan sekretaris 2 dan bendahara 2.

Berikut ini susunan Primkoppol Pores Bojonegoro, Masa Bakti 2020-2024

Ketua: Kompol Roro Sriharwati; Sekretaris 1: Penata I, Hariyanto SE; Sekretaris 2: Iptu Samsul Anam; Bendahar 1: Penda I (Purn), Sulistyaningsih; Bendahara 2: Penda I, Tjatur Wahyu Setiawan

Pengawas: 1. AKP Mashadi SH; 2. Iptu Moch Safi’I; 3. Iptu Muslih.

Comments

comments