Kam. Okt 28th, 2021

Rumah Mbah Jono Terbakar saat Ditinggal Pergi Ke Sawah

Ngraho – Meski hujan telah turun hampir setiap hari di seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro, belum memberi jaminan rumah warga aman dari kebakaran.

Seperti yang dialami Sujono (75), warga RT 007 RW 002 Dusun Gempol, Desa Nganti, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. Pada Selasa (08/12) pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB, bagian depan rumahnya rata dengan tanah akibat terbakar.

Saat terbakar rumah dalam kondisi kosong dan terkunci. Sebab, pemilik rumah, Sujono, sekitar pukul 06.00 WIB, sudah meninggalkan rumah pergi ke sawah. Sementara istrinya, Saringah (70), juga meninggalkan rumah pergi ke pasar.

Pertama kali kebakaran diketahui Jadi (35), tetangga depan rumah korban, sekitar pukul 08.00 WIB. Dia melihat ada asap di sebelah kanan rumah korban, tepatnya di atas sekring listrik dan sebagian dinding rumah di sekitar sekring sudah terbakar.

Melihat kejadian tersebut, dia lantas berteriak minta tolong warga. Tidak berselang lama para tetangga datang membantu memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

“Ketika saya melihat asap tersebut, api sudah mulai membesar,” ungkap Jadi.

Sementara, 2 unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Pos Padangan, baru tiba sekitar pukul 08.45 WIB di lokasi kejadian. Pada pukul 09.00 WIB api sudah benar-benar bisa dipadamkan.

Kapolsek Ngraho AKP Purwanto Suharyadi, menjelaskan, rumah korban ini terdiri dari 3 rumah, yang rangka dan dindingnya semuanya terbuat dari kayu jati. Yang terbakar ini adalah rumah yang bagian depan, sementara rumah bagian tengah dan belakang berhasil diselamatkan berkat bantuan warga.

“Alhamdulillah mas, rumah tengah dan belakang tidak turut terbakar,” lanjut AKP Purwanto.

Dalam peristiwa ini tidak terdapat korban jiwa dan kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 45 juta. (humas)

 

*) Foto petugas damkar sedang memadamkan api di rumah Sujono 

Comments

comments