Kam. Nov 14th, 2019

Rumpun Bambu dan Semak di Kedungadem Bojonegoro Terbakar

Bojonegoro – Kembali, peristiwa kebakaran rumpun bambu dan semak serta rumput kering, terjadi di Dusun Tumpang Desa Kedungadem RT 001 RW 007 Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Kamis (08/08/2019) pukul 10.45 WIB.

Penyebab kebakaran tersebut bermula saat warga setempat membakar sampah yang kemudian apinya membessar dan merembet ke semak dan rumput kering, hiingga akhirnya membakar rumpun bambu yang ada di lokasi kejadian.

Tidak ada korban jiwa maupun korban harta benda, namun dikarenakan tumpukan sampah yang terbakar tersebut berdekatan dengan pemukiman warga, sehingga sempat membuat warga sekitar khawatir kobaran api tersebut merembet ke pemukiman warga

Sebelumnya, pada Senin (05/08/2019) juga telah terjadi kebakaran tumpukan sampah dan rumpun bambu di Dusun Krajan Desa Kedungadem Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.

Kapolsek Kedungadem, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Agus Elfauzi SSos, kepada media ini menuturkan bahwa kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula pada Kamis (08/08/2019), sekira pukul 10.45 WIB, Lamijan (50) warga desa setempat, bersama instrinya sedang membakar tumpukan sampah di dekat rumah tinggalnya.

“Tidak lama kemudian kobaran api tersebut merembat ke daun bambu dan semak yang ada di sekitarnya, hingga akhirnya membakar rumpun bambu yang tak jaunh dari rumah saksi,” kata Kapolsek.

Melihat kobaran api tersebut saksi Lamijan segera memberitahu warga sekitar untuk membantu memadamkan api sambil melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kedungadem, sehingga petugas segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Pos Kedungadem.

“Setelah datang satu unit mobil pemadam kebakaran dan dilakukan penyemprotan, akhirnya kobaran api dapat di padamkan,” tutur Kapolsek.

Menyikapi sering terjadinya peristiwa kebakaran lahan dan semak, khususnya di wilayah Kecamatan Kedungadem, tak henti-hentinya Kapolsek mengimbau kepada warga masyarakat, khususnya warga di Kecamatan Kedungadem, agar lebih berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi timbulnya musibah kebakaran di musim kemarau tahun ini.

“Mari sama-sama kita tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran. Jika menyalakan api, sebelum ditinggal, pastikan bahwa api tersebut benar-benar telah padam,” pesan Kapolsek.

Comments

comments