Sab. Des 7th, 2019

Satu Lagi, Kebakaran Rumpun Bambu Terjadi di Bojonegoro

Bojonegoro – Kebakaran rumpun bambu kembali terjadi pada Minggu (26/08/2018) sekira pukul 12.30 WIB, di tanah pekarangan milik Sik Santoro (60) yang berlokasi di Jalan Rajawali Kelurahan Karangpacar Kecamatan Bojonegoro Kota.

Penyebab kebakaran atau sumber api, lagi-lagi berasal dari pembakaran sampah yang kemudian api mejalar hingga membakar rumpun bambu milik korban tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka serta kerugian material akibat kebakaran tersebut, namun peristiwa tersebut sempat membuat heboh warga, karena lokasi rumpun bambu yang terbakar tersebut berdekatan dengan pemukiman warga yang sangat padat.

Sebelumnya, pada Jumat (24/08/2018) lalu, telah terjadi 2 peristiwa kebakaran semak belukar dan rumpun bambu di Kecamatan Kepohbaru dan Kecamatan Ngasem. Selanjutnya pada Sabtu (25/08/2018) kemarin, juga terjadi kebakaran semak belukar dan rumpun bambu di Kecamatan Kedungadem. Yang penyebab ketiga kebakaran tersebut juga diakibatkan dari pembakaran sampah.

Kapolsek Bojonegoro Kota, Kompol Eko Dhani Rinawan SH menuturkan bahwa berdasarkan keterangan para saksi, kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula pada awalnya, pemilik pekarangan atau korban, Sik Santoro (60), sedang membakar sampah di pekarangan yang berada di belakang rumahnya.

Namun api dari pembakaran sampah tersebut menjalar dan membakar dedaunan kering yang ada di pekarangan milik korban tersebut.

“Api terus menjalar hingga akhirnya membakar rumpun bambu milik korban.” terang Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, warga sekitar yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut sempat heboh, karena lokasi kebakaran berada di dekat perumahan warga sehingga warga segera meminta bantuan pada Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro Kota dan tidak lama berselang datang 2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu melakukan pemadaman.

“Beruntung, kobaran api dapat segera di padamkan oleh petugas Dinas Kemadam Kebakaran,” imbuh Kapolsek.

Dalam peristiwa tersebut, lanjut Kapolsek, tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka serta kerugian material.

Dengan banyaknya peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Bojoneggoro selama musim kemarau ini, melalui media ini Kapolsek mengimbau kepada warga masyarakat, khususnya warga Bojonegoro Kota, agar lebih berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi timbulnya musibah kebakaran.

“Jika menyalakan api, seperti membakar sampah, sebelum ditinggal, pastikan bahwa api tersebut benar-benar telah padam,” pesan Kapolsek.

Comments

comments