Kam. Agu 18th, 2022

Sebuah Truk Pengangkut Arang Ludes Terbakar

Sugihwaras –  Kebakaran masih menjadi ancaman yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Tadi malam pukul 01.35 WIB di desa Bulu Kecamatan Sugihwaras, sebuah truk bermuatan arang kayu ludes terbakar. Api hampir saja melahap sebuah gudang tembakau di dekat titik api kalau tidak segera mendapat penanganan.

Truk tersebut diketahui adalah milik H. Harsono (40) warga RT 02 RW 01 Desa setempat yang juga pemilik gudang tembakau. Truk milik Harsono biasa dikendarai oleh Susilo (30), karyawan dia, yang juga warga setempat. Saat kejadian, Harsono maupun Susilo sedang tidak berada di tempat kejadian karena sedang istirahat.

Api muncul dari muatan arang pada bak truk yang masih menyimpan bara. Api menyala dari bara arang karena tiupan angin yang lumayan kencang di malam hari. Selama 30 menit api menyala dan menghabiskan truk milik Harsono.

Harsono, saat dikonfirmasi BBC yang saat kejadian berada di lokasi, mengatakan bahwa saat kejadian tidak ada aktivitas apapun di gudang karena sedang istirahat. Susilo yang rumahnya tidak jauh dari tempat kejadian juga sedang istirahat di rumahnya yang tidak jauh dari tempat kejadian. Pukul 23.00 WIB Susilo baru tiba dengan muatan arang tersebut dan rencananya arang akan dibongkar besok paginya (hari ini) karena sudah larut malam. Arang tersebut rencananya digunakan untuk pengeringan (pemanggangan) tembakau. “Diperkirakan kemunculan api karena percikan dari arang yang masih ada abu apinya, sehingga terkena angin, langsung jadi api dan membesar,” terangnya.

Tetangga korban, Rumadi mengatakan bahwa api bisa dipadamkan pada pukul 03.00 WIB dengan bantuan 3 unit mobil pemadam dari Pos Temayang dan Kota. Warga yang mengetahui adanya kebakaran langsung melapor ke pemerintah desa dan Polsek setempat sehingga segera mendapat penanganan. Selama 3 jam proses pemadaman, banyak warga yang turut membantu semampunya.

“Sehingga api tidak menjalar ke gudang dan rumah warga,” kata pria yang juga adalah Kanit Reskrim Polsek Sugihwaras tersebut. Gudang tembakau berada di dekat truk tersebut yang juga bersebelahan dengan rumah warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena Harsono maupun Susilo sedang istirahat di rumah. Harsono mengungkapkan bahwa kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 250 juta.(humas)

Comments

comments