Rab. Des 7th, 2022

Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas, Sat Binmas Gelar Latkatpuan Beladiri Tongkat – Borgol dan PPGD

Bojonegoro – Polres Bojonegoro melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan)kepada para Bhabinkamtibmas di halaman Apel Mapolres Bojonegoro, Senin(23/5/2022).

Kegiatan Latkatpuan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Bojonegoro, Kompol Muh Wahyudin Latif didampingi Kasat Binmas, AKP Agus Elfauzi dan diikuti perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Bojonegoro.

Dalam arahannya, Wakapolres Bojonegoro mengatakan kegiatan Latkatpuan merupakan program Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta yang bertujuan sebagai langkah perbaikan dan pencapaian tugas Polri yang Profesional bagi para peserta pembinaan, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Polri yang lebih baik ,mahir ,terpuji dan patuh hukum dalam melaksankan tugas dan tanggung jawab serta pelayanan pada bidangnya.

“Latkatpuan ini digelar untuk peningkatan kualitas dan profesionalitas personil Polres Bojonegoro khususnya Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Wakapolres, Kompol Muh Wahyudin Latif kepada para Bhabinkamtibmas.

Lanjut Wakapolres, fungsi Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap segala macam gangguan Kamtibmas.

Sedangkan tugas pokok Polri yang harus laksanakan adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta memelihara kantibmas dan penegakan hukum.

Diakhir arahan Wakapolres Bojonegoro, dilanjutkan Latkatpuan yaitu beladiri tongkat dan borgol dipimpin Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Bojonegoro, Aiptu Fazi WR.

Materi selanjutnya Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dari Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro. Materi PPGD yang diberikan diantaranya pertolongan pertolongan dasar seperti pengecekan jalur nafas, CPR, tehnik mengangkat atau menandu korban hingga pembidaian untuk penanganan korban patah tulang. Tidak hanya sebatas teori semata, setiap peserta juga bisa langsung praktek didampingi oleh tenaga medis.

Sementara itu, ditempat yang sama Kasat Binmas, AKP Agus Elfauzi mengatakan Bhabinkamtibmas ini bertugas tidak hanya aspek preemtif maupun preventif tetapi juga berperan sebagai solutor dan pemecah masalah bagi setiap persoalan yang muncul di tengah masyarakat.

“Dengan Latkatpuan ini, kompetensi Bhabinkamtibmas bisa semakin meningkat dan tentunya membawa manfaat dalam pengelolaan Kamtibmas di desa binaan masing-masing,” ucap Kasat Binmas. (waf/resbjn)

Comments

comments