Sel. Jan 19th, 2021

Umat Tri Dharma Mulai Jalani Ritual Sembahyang

Kota – Umat Tri Dharma hari ini akan melaksanakan puncak acara sedekah bumi (Bo Tho) yang akan dipusatkan di Klenteng Hok Swie Bio di Jalan Jaksa Agung Suprapto 125, Kota Bojonegoro. Nanti rencananya akan ada arakan ogoh-ogoh setan yang dikenal dengan sebutan Thay Su di klenteng itu. Masyarakat Bojonegoro tak sabar menanti perayaan sembahyang rebutan yang setiap tahun dilaksanakan.

hingga pukul 09.00 WIB kegiatan sembahyang masih tertutup untuk umum. Di pintu masuk, beberapa polisi sudah berjaga untuk mengamankan acara. Hanya orang orang Tri Dharma dan yang berkepentingan yang diizinkan masuk ke dalam klenteng. Seperti yang dijelaskan oleh Tan Tjien Hwat, selaku ketua Klenteng Hok Swie Bio.

“Sampai acara sembahyang selesai, tempat ini memang masih tertutup untuk umum. Karena bila gulungan pada pagoda direbut sebelum sembahyang dilakukan maka makna sedekah bumi ini berkurang,” ungkapnya.

Untuk acara sedekah bumi ini, mayoritas umat Tri Dharma serentak mengenakan seragam batik warna dasar merah. “Tidak ada makna khusus pada baju batik ini. Agar terlihat kebersamaannya saja,” tambahnya.

Beberapa pagoda dan Thay Su sudah ditempatkan di atas panggung di sebelah timur.  Pembakaran akan dilakukan di selatannya panggung. Para umat Tri Dharma sudah berada di dalam menanti acara dimulai.

Comments

comments