Sen. Sep 16th, 2019

Wakapolres dan Wabup Bojonegoro Hadiri Penutupan Kejuaraan Drum Band Bupati Cup 2018

Bojonegoro – Wakapolres Bojonegoro, Kompol Achmad Fauzy SIK SH MIK, selaku Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Pengkab Bojonegoro bersama Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto MPd, pada Minggu (16/12/2018) sore, hadir dan secara resmi menutup pelaksanaan Kejuaraan Drum Band / Marching Band, Bupati Cup 2018, tingkat pelajar se Kabupaten Bojonegoro, di Lapangan Desa Tejo kec Kanor Kabupaten Bojonegoro.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Camat Kanor serta jajaran Forpimka Kecamatan Kanor dan Sumberrejo serta para tamu undangan.

Diberitakan sebelumnya, pada Minggu (16/12/2018) pagi tadi, telah dilaksanakan lomba untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, dan pemberangkatan peserta dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Drs Hanafi MM.

Wakapolres Bojonegoro, Kompol Achmad Fauzy SIK, SH, MIK, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kejuaraan Drum Band / Marching Band, Bupati Cup 2018 ini adalah sebuah acara yang bergengsi, sehingga diharapkan pada waktunya juara bupati cup ini dapat tampil di acara nasional atau kegiatan kenegaraan seperti peringatan deik-detik proklamasi 17 agastus atau acara pemerintahan lainya.

“Bupati cup ini bukan hanya kegiatan hura-hura saja tetapi merupakan ajang untuk berprestasi agar ditemukan bibit-bibit untuk dapat tampil pada pada event yang lebih besar,” tutur Wakapolres, Kompol Achmad Fauzy, dalam sambutannya.

Lebih lanjut Wakapolres menyampaikan bahwa besarnya minat peserta untuk mengikuti Kejuaraan Drum Band / Marching Band, Bupati Cup 2018 ini membuktikan bahwa pembinaan drum band di Kabupaten Bojonegoro ini berjalan dengan cukup baik.

Wakapolres juga menyampaikan bahwa Kejuaraan Drum Band / Marching Band, Bupati Cup 2018 ini akan digelar setiap tahun dan apabila di tahun depan peserta yang berminat mengikuti lebih banyak lagi, maka panitia akan melakukan seleeksi terhadap para peserta.

“Jika nantinya pesertanya cukup banyak, akan diaudisi sehingga peserta yang tampil adalah peserta yang terbaik,” kata Wakapolres, Kompol Achmad Fauzy.

Di akhir sambutannya, Wakapolres, Kompol Achmad Fauzy berharap dengan dilaksanakannya Kejuaraan Drum Band / Marching Band, Bupati Cup 2018 ini bisa membawa nama Kabupaten Bojonegoro.

“Semoga drum band bisa membawa nama Bojonegoro di level yang lebih tinggi,” pungkas Wakapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Pengkab Bojonegoro, yang telah berinisiatif menggelar Kejuaraan Drum Band Bupati Cup 2018 ini.
Menurut wakil bupati, bahwa drum band merupakan pendidikan mental bagi anak dan melatih kerjasama serta kekompakan tim. Drum band adalah perpaduan antara seni dan olahraga. Dengan drum band diharapkan mampu mendorong disiplin, kerja-sama, kekompakan dan saling mengenal satu sama lain.
“Semoga ke depan pelaksanaannya Kejuaraan Drum Band Bupati Cup, bisa lebih meriah lagi.” kata Wakil Bupati.

Dalam Kejuaran Drum Band Bupati Cup 2018 ini, 50 peserta turut ambil bagian, yang terdiri dari tujuh peserta tingkat TK/RA dan 43 peserta tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Adapun kategori yang dilombakan diantaranya General Effect, merupakan aspek penilaian secara umum; Analisa Musik, meliputi harmonisasi musik yang dihasilkan; Colour Guard, atau pengawal bendera, yang meliputi performa menari dan atraksi; Field Commander, atau Komandan Lapangan, yang meliputi aksi dalam memberi perintah dalam mengatur tempo dan menjaga tinggi rendah nada dan Mayoret, yang meliputi aksi tari, atraksi atau gerakan dalam menggunakan tongkat mayoret (baton) untuk memandu barisan dalam membentuk suatu formasi.

Comments

comments