Sen. Sep 20th, 2021

Warga Bogangin Protes Kebijakan Kades

Sumberrejo – Setelah kemarin kompak menanami jalan desa setempat dengan pisang lantaran tidak kunjung selesai pembangunannya, Senin (07/09) pagi, sekira tujuh puluh warga Desa Bogangin, Kecamatan Sumberrejo, kembali melakukan aksi unjuk rasa memprotes kepala desa setempat. Unjuk rasa digelar sekira pukul 10.45 WIB di Kantor Kecamatan Sumberrejo.

Puluhan warga itu diterima oleh Sekretaris Kecamatan Mohammad Yusuf, karena Camat Sumberrejo tidak ada di tempat. Aksi unjuk rasa ini menuntut empat hal kepada Kepala Desa Bogangin, Muh Suji.

Pertama, warga menuntut atas keterlambatan pavingisasi Desa Bogangin. Kedua, pemberian bantuan air bersih yang tebang pilih. Ketiga, adanya bantuan sumur yang dimonopoli kepala desa. Dan, keempat, keluhan warga tentang tidak adanya musyawarah serta keterlibatan warga dalam pengambilan keputusan pembangunan desa.

Setelah orasi menyampaikan tuntutan, Sholikan Arif, koordinator aksi, dan empat perwakilan warga dipersilahkan berdialog dengan Muspika Sumberrejo. Tampak hadir Sekcam, Kapolsek, dan Danramil di dalam kantor Kecamatan Sumberrejo.

Dialog itu menghasilkan kesepakatan bahwa Muspika akan menindak-lanjuti tuntutan warga. “Secepatnya, Kami akan memanggil kades dan perangkat desa,” ujar Sekcam Sumberrejo Mohammad Yusuf.

Aksi unjuk rasa berlangsung tertib. Setelah berdialog dan membuat kesepakatan, warga membubarkan diri. Sebelumnya warga sempat mengancam akan melakukan unjuk rasa ke pemerintah kabupaten apabila tuntutan mereka tidak ditanggapi. (humas)

*) Foto mediasi warga dengan Muspika Sumberrejo

Comments

comments